Libur Lebaran, KAI Commuter Catatkan Rekor Penumpang Terbanyak di Yogyakarta

Penumpang KRL di Stasiun Yogyakarta, Solo dan Palur mencapai 30 ribu lebih setiap harinya selama libur Lebaran.

Libur Lebaran, KAI Commuter Catatkan Rekor Penumpang Terbanyak di Yogyakarta
Penumpang KRL di Stasiun Tugu Yogyakarta (yvesta putu ayu/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA - Stasiun Yogyakarta menjadi stasiun dengan penumpang KRL (Kereta Rel Listrik) terbanyak selama libur Lebaran 2023. Rekor ini merujuk pada data KAI Commuter periode 19-25 April 2023. Tercatat sebanyak 36.988 penumpang dengan volume tertinggi pada Senin 24 April 2023 yaitu 9.180 penumpang.

"Rekor kedua disusul dengan Stasiun Solo Balapan dengan total 26.234 penumpang dengan volume tertinggi pada Senin 24 April 2023 yaitu 6.264 orang," kata Anne Purba, Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter kepada wartawan Kamis (27/4/2023).

Sedangkan volume pengguna KA Lokal Prameks pada hari pertama kerja kemarin (26/4/2023) mengalami kenaikan 7% jika dibandingkan dengan volume tertinggi pada masa cuti bersama yaitu 3.509 penumpang.

"Stasiun Yogyakarta juga merupakan stasiun dengan volume tertinggi untuk pengguna KA Lokal Prameks sebanyak 9.094 orang," ujarnya.

Anne melanjutkan, pada hari ini pun penumpang KRL masih didominasi oleh pengguna harian dan musiman yang masih memanfaatkan suasana libur lebaran bersama keluarga.

Untuk itu pihaknya mengimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga dan mengawasi pergerakan putra-putri mereka dan menjaga barang bawaan serta mengikuti arahan petugas selama dalam perjalanan baik menggunakan Commuterline maupun KA Lokal.

Jika sebelumnya KAI Commuter hanya menjalankan 24 perjalan per hari dengan rata-rata pengguna sebanyak 13.210 penumpang. Selama libur lebaran hingga 1 Mei 2023 pihaknya mengoperasikan sebanyak 30 perjalanan commuterline Yogya-Solo/Palur mulai pukul 05.05 WIB – 22.35 WIB per hari.

"Dengan penambahan 6 perjalan tambahan ini, rata-rata jumlah pengguna commuterline Yogya-Solo sebanyak 18.401 orang atau naik sebesar 39%," kata dia.

KAI Commuter juga terus mengingatkan pengguna untuk antre dengan tertib, dahulukan pengguna yang akan keluar dan berdiri dengan tidak menghalangi pengguna yang akan keluar dari dalam commuterline.

Anne juga mengajak para pengguna layanan transportasi KRL untuk mengikuti perkembangan dan update tentang KAI Commuter melalui akun media sosial resmi @commuterline atau kontak center 021-121.(*)