Libur Idul Adha, 78 Ribu Penumpang Terlayani KA Bandara
Selain menawarkan kenyamanan dan ketepatan waktu, KAI Bandara juga dinilai sebagai moda transportasi publik yang aman dan efisien.
KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Libur panjang Hari Raya Idul Adha 1446 H menjadi momentum positif bagi PT Railink. Anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang mengelola layanan Kereta Api Bandara ini mencatat lonjakan signifikan dalam jumlah pengguna jasa.
Tercatat sebanyak 78.627 penumpang memanfaatkan layanan KAI Bandara selama periode liburan nasional, yang berlangsung dari 6 hingga 9 Juni 2025.
Antusiasme tinggi masyarakat untuk bepergian, baik untuk merayakan hari raya bersama keluarga maupun untuk sekadar menikmati waktu libur, membuat layanan kereta bandara menjadi salah satu pilihan transportasi favorit.
"Selain menawarkan kenyamanan dan ketepatan waktu, KAI Bandara juga dinilai sebagai moda transportasi publik yang aman dan efisien, khususnya untuk mobilitas menuju dan dari bandara," ujar Ayep Hanapi, Manager Komunikasi Perusahaan PT Railink dalam keterangannya di Yogyakarta, Selasa (10/5/2025).
Di Medan
Dua wilayah operasional utama KAI Bandara di Medan dan Yogyakarta mencatat kontribusi penumpang yang signifikan. Di Medan, sebanyak 50.268 penumpang terlayani selama periode tersebut.
Jumlah ini terbagi atas 17.417 penumpang pada rute Medan - Bandara Internasional Kualanamu, serta 32.851 penumpang pada rute Medan - Binjai yang juga menjadi alternatif mobilitas warga antar kota di Sumatera Utara.
Sementara itu, wilayah Yogyakarta melayani 28.359 penumpang, dengan rincian 9.258 penumpang menggunakan layanan YIA Xpress dan 19.101 penumpang menggunakan layanan YIA Reguler.
Kedua jenis layanan ini dirancang untuk menjawab kebutuhan penumpang yang memiliki preferensi berbeda dalam hal kecepatan dan kenyamanan perjalanan menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).
Transportasi pilihan
“Pertumbuhan jumlah penumpang ini menunjukkan kepercayaan yang terus meningkat dari masyarakat terhadap layanan KAI Bandara sebagai moda transportasi pilihan, terutama saat musim libur nasional,” jelasnya.
Dia menambahkan kepercayaan tersebut tidak lepas dari komitmen perusahaan dalam menjaga standar pelayanan, ketepatan jadwal, serta peningkatan kenyamanan sarana dan prasarana.
PT Railink turut mengimbau masyarakat yang akan menggunakan layanan KA Bandara untuk melakukan pemesanan tiket lebih awal guna memastikan ketersediaan tempat duduk.
Selain itu, calon penumpang juga disarankan untuk memilih jadwal keberangkatan kereta dengan waktu yang cukup sebelum jadwal penerbangan, yakni minimal dua jam untuk penerbangan domestik dan tiga jam untuk penerbangan internasional. (*)