KAI Daop 5 Purwokerto Gelar Pelatihan Petugas Loket
Keluhan pelanggan yang tidak ditangani dengan baik bisa berkembang menjadi masalah besar.
KORANBERNAS.ID, PURWOKERTO -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto menggelar Pelatihan dan Pembinaan Frontliner bagi petugas loket, customer service dan announcer.
Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas layanan serta profesionalisme kepada pelanggan terutama menjelang periode Angkutan Lebaran Idul Fitri 1446 H.
Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, menegaskan pelatihan kali ini merupakan langkah strategis untuk memastikan layanan yang semakin baik dan profesional.
“Kami ingin seluruh petugas garda terdepan memiliki pemahaman yang kuat tentang standar pelayanan. Target kami adalah zero complaint selama Angkutan Lebaran tahun ini, sehingga penting bagi frontliner untuk menguasai kembali tugas dan tanggung jawab mereka,” ujarnya, Selasa (12/3/2025).
Masalah besar
Sebagai panduan pelayanan prima, melalui pelatihan ini peserta diperkenalkan konsep MASK (Mindset, Attitude, Skill,Knowledge).
“Satu keluhan pelanggan yang tidak ditangani dengan baik bisa berkembang menjadi masalah besar. Setiap frontliner harus memiliki pola pikir yang berorientasi pada pelayanan, sikap profesional, keterampilan yang terus diasah, serta wawasan yang luas,” kata Krisbiyantoro, Selasa (12/3/2025).
PT Kereta Api Indonesia(Persero) Daop 5 Purwokerto menyediakan layanan loket tiket dan customer service di beberapa stasiun utama untuk memudahkan pelanggan dalam memperoleh informasi dan layanan terkait perjalanan kereta api.
Loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket untuk keberangkatan dalam waktu tiga jam sebelum jadwal perjalanan kereta. Untuk pemesanan tiket, pelanggan dapat menggunakan aplikasi Access by KAI atau melalui mitra resmi KAI yang telah bekerja sama.
Layanan loket
Disebutkan, Stasiun Slawi menyediakan layanan loket pukul 06:00 - 21:00, Stasiun Cilacap waktu pelayanan loket pukul 05:00 - 07:00 dilanjutkan pukul 10:00 sampai 17:30, Stasiun Bumiayu waktu pelayanan loket pukul 05:30 sampai 18:30.
Stasiun Maos waktu pelayanan loket pukul 06:00 - 18:00, Stasiun Sidareja waktu pelayanan loket pukul 07:30 - 18:30, Stasiun Kroya waktu pelayanan loket 24 jam, waktu pelayanan customer service pukul 06:00 sampai 20:00.
Stasiun Kutoarjo waktu pelayanan loket 24 jam, waktu pelayanan customer service pukul 06:00 - 22:00, Stasiun Gombong waktu pelayanan loket pukul 06:00 - 22:00, waktu pelayanan customer service pukul 08:00 -16:00.
Stasiun Purwokerto waktu pelayanan loket 24 jam, waktu pelayanan customer service pukul 06:00 - 21:00, Stasiun Kebumen waktu pelayanan loket pukul 05:00 - 21:00, waktu pelayanan customer service pukul 06:00 - 21:00.
Lebih profesional
Melalui pelatihan, KAI Daop 5 Purwokerto berharap para petugas frontliner dapat memberikan pelayanan yang lebih profesional, ramah dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.
“KAI terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan guna menciptakan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh pengguna jasa kereta api,” katanya. (*)