JNE dan Shopee Beri Pelatihan di GOLLABORASI, Libatkan 100 Peserta Pelaku UMKM Kreatif
KORANBERNAS.ID, JAKARTA--Sebagai bentuk dukungan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), JNE menggandeng e-commerce Shopee menggelar acara “Gollaborasi” bertemakan “UMKM Creative Movement” yang diselenggarakan di Aroem Jakarta (22/8/2024). Kegiatan ini melibatkan 100 UMKM asal Jakarta, dan menggarisbawahi pentingnya kreativitas bagi pelaku UMKM di tengah meningkatnya kompetisi di era digital saat ini.
Sejak tahun 2017, program JNE “Gollaborasi” telah konsisten memberikan kontribusi nyata dalam memberdayakan UMKM Indonesia. Melalui serangkaian program edukasi yang komprehensif, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang strategi penjualan di era digital, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan memperluas pasar.
Sebagai perusahaan logistik nasional yang telah berusia lebih dari 33 tahun, JNE senantiasa mendukung kolaborasi positif dan kerja sama dengan seluruh mitra, khususnya dukungan dan layanan untuk perkembangan para pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional.
Dalam era digital yang serba cepat, setiap pelaku usaha harus jeli melihat peluang dan tantangan yang ada. Persaingan yang ketat, menuntut setiap pelaku bisnis untuk memiliki strategi yang tepat agar tetap relevan dan unggul.
Eri Palgunadi, selaku SVP Marketing Group Head JNE menjelaskan event “Gollaborasi” kali ini yang bekerja sama dengan Shopee. “Kolaborasi antara JNE dan Shopee telah membuka peluang besar bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Dengan memanfaatkan sinergi antara keduanya, UMKM dapat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan memperkuat posisinya di pasar yang semakin kompetitif,” jelasnya.
JNE sebagai mitra logistik yang telah bekerja sama dengan Shopee semenjak tahun 2016, melihat kerja sama yang telah terjalin sampai dengan saat ini memiliki kontribusi positif bagi UMKM. Permintaan volume untuk layanan logistik terus meningkat, terutama dengan pertumbuhan pelaku UMKM yang menggunakan Shopee sebagai platform e-commerce untuk berjualan secara online.
JNE optimis dapat menghadirkan pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten. “Ke depan kami berharap kerja sama yang terjalin dapat terus berkembang dan JNE berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan inovasi untuk mendukung pengembangan bisnis bagi kemajuan UMKM Indonesia,” tambah Eri.
Daniel Minardi, Director of Business Partnership Shopee Indonesia mengapresiasi dan menyambut baik kerja sama dengan JNE.
“Kerja sama Shopee dengan JNE yang sudah berlangsung selama 8 tahun, adalah bentuk komitmen kami untuk terus membangun ekosistem belanja yang mumpuni sehingga tidak hanya menjadi penghubung antara Penjual dengan Pembeli di seluruh Indonesia, tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia melalui akses digitalisas,” kata Daniel.
JNE Gollaborasi ini menjadi momen untuk berbagi pengetahuan seputar pengembangan bisnis digital, agar UMKM bisa naik kelas dengan strategi kreatif yang dapat dimiliki dengan memanfaatkan platform e-commerce. Shopee berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di seluruh kota di Indonesia, yang juga didukung oleh layanan logistik andal dari JNE.
Para pelaku UMKM yang hadir dalam acara ini mendapatkan banyak pengetahuan, mulai dari pemahaman yang lebih mendalam tentang tren pasar, hingga solusi praktis untuk mengatasi berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis online. (*)