Jaga Silaturahmi Tak Luntur, Indosat Perkuat Jaringan Saat Pandemi
KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA—Indosat Ooredoo memastikan kesiapan jaringan, menghadapi potensi lonjakan trafik komunikasi data maupun voice saat Ramadan dan Idul Fitri 1441 H. Indosat meningkatkan kapasitas layanan data sekitar 60%, untuk mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi yang diprediksi akan meningkat sebesar 20% dibanding hari normal.
Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha mengatakan, pihaknya telah melakukan optimalisasi jaringan, sejak munculnya anjuran belajar dan bekerja dari rumah. Tingginya kebutuhan telekomunikasi pelanggan, tercermin dari peningkatan trafik data sekitar lebih dari 20 persen dan trafik telepon sekitar 11% dibandingkan hari biasa.
“Kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia, di tengah situasi sulit pandemi Covid-19 ini, dengan cara menyediakan layanan terbaik bagi pelanggan. Kami ingin silaturahmi masyarakat tetap terjaga dan tidak luntur, di tengah segala keterbatasan yang dihadapi,” kata Vikram dalam rilisnya, Kamis (23/4/2020).
Dikatakan, sejumlah kebijakan pemerintah seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), social distancing dan disusul larangan mudik, otomatis berdampak pada meningkatnya kebutuhan telekomunikasi pelanggan.
Karena itu, penguatan jaringan, juga dilakukan secara nasional. Terutama di kota-kota dengan peningkatan trafik tertinggi seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan antara lain YouTube, WhatsApp, Facebook, dan Instagram dengan kota yang tercatat mengalami peningkatan tertinggi berada di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Peningkatan kapasitas jaringan, juga dilakukan untuk daerah-daerah tujuan mudik. Diantaranya Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Jember, sampai dengan Banyuwangi. Upaya yang sama dilakukan juga di sejumlah kota di luar Jawa seperti Lampung, Pekanbaru, Palembang, Medan, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, dan Makassar.
“Pemantauan kualitas jaringan dan layanan di seluruh Indonesia terus kami lakukan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang memantau lebih dari 400 titik, melibatkan lebih dari 1500 karyawan yang melakukannya selama masa Siaga Lebaran. Semua untuk memastikan seluruh pelanggan tetap lancar berkomunikasi,” katanya.
Selain jaringan, Indosat melalui IM3 Ooredoo, juga mengeluarkan kampanye “Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi”, yang didukung dengan paket Freedom Kuota Harian.
Kampanye ini ingin memberikan semangat kepada masyarakat Indonesia bahwa budaya silaturahmi tidak boleh luntur, terlepas dari keterbatasan yang harus dihadapi.
“Bagaimanapun, Ramadan selalu memiliki makna sebagai bulan suci yang membawa berkah serta menjadi momen untuk kembali mendekatkan diri dengan keluarga dan kerabat terdekat,” ujar Vikram.
Guna mendukung kampanye ini, IM3 Ooredoo menghadirkan paket Freedom Kuota Harian yang memberikan kuota harian dengan harga lebih terjangkau. Lebih dari itu, IM3 Ooredoo juga akan mendonasikan Rp 2.000 dari setiap aktivasi paket Freedom Kuota Harian untuk penanganan Covid-19. (*/SM)