Isuzu Siaga 24 Jam Layani Konsumen di Rumah

Isuzu Siaga 24 Jam Layani Konsumen di Rumah

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA — PT Astra Internasional Tbk Isuzu terus mendukung kinerja bisnis para konsumennya di tengah pandemi yang masih berlangsung saat ini. Komitmen yang sama juga diberikan Isuzu Yogyakarta di Jalan Ring Road Selatan, Sewon, Bantul. Salah satunya adalah layanan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) yang akan melayani customer 24 jam tanpa harus datang ke bengkel Isuzu.

Priyanto, Kepala Bengkel Astra Isuzu Yogyakarta, mengatakan layanan bengkel berjalan ini menjadi keunggulan dari pelayanan purna jual dari Isuzu. Sebagai merek yang banyak menjual kendaraan-kendaraan niaga atau komersial, kecepatan dalam hal servis menjadi hal yang penting untuk melayani customer.

“Pada intinya BIB ini adalah layanan bengkel di tempat customer. Jadi tim teknisi kami akan mendatangi ke rumah atau ke kantor customer. Mereka tidak perlu datang ke bengkel kami untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi atau melakukan perawatan rutin,” kata Priyanto, kemarin.

BIB, kata Priyanto, akan lebih memudahkan customer dalam melakukan perawatan berkala ataupun perbaikan terhadap kendaraan mereka. Pemilik kendaraan cukup menghubungi bengkel Isuzu. Teknisi akan mendatangi customer dan melakukan perbaikan di tempat sesuai jadwal yang disepakati.

Semua jenis perawatan berkala, dipastikan bisa dikerjakan di rumah atau kantor customer. Tapi untuk perbaikan atau servis yang lebih serius, maka kendaraan atau mobil akan dibawa ke bengkel untuk diperbaiki dengan peralatan lebih lengkap. Setelah selesai, unit akan dikirimkan kembali ke pemiliknya.

Layanan BIB, lanjut nya, sudah lama dikenalkan ke Isuzu. Tujuannya adalah untuk memudahkan customer pemilik mobil Isuzu semua tipe, yang karena kesibukan atau keterbatasan waktu kesulitan untuk datang ke bengkel guna memperbaiki atau melakukan perawatan berkala. Dengan mengakses layanan BIB, maka customer tidak perlu kehilangan waktu datang ke bengkel dan menunggu perbaikan dilakukan.

“Biasanya pemilik truk atau mobil-mobil box yang banyak memanfaatkan layanan BIB ini. Bahkan, kami bisa melakukan perawatan berkala saat truk atau mobil box sedang bongkar muatan. Jadi selesai menurunkan atau menaikkan muatan, kendaraan atau mobil itu juga selesai diservis sehingga langsung bisa beroperasi lagi. Pengusaha atau pemilik kendaraan tidak akan kehilangan waktu yang sangat berharga untuk mencari uang. Mobil komersial kan biasanya gak ada istirahatnya. Jalan terus, karena kalau mobil istirahat berarti pemiliknya kehilangan uang kan,” katanya.

Sejak dikenalkan layanan BIB, lanjut Priyanto, banyak dimanfaatkan oleh para pemilik truk ataupun kendaraan komersial lainnya. Kondisi ini berbeda dengan pemilik atau pengguna mobil passanger yang umumnya lebih banyak yang memanfaatkan layanan reguler di bengkel.

“Pemilik kendaraan passanger umumya lebih care dengan unit mereka. Jadi perawatan berkala biasanya lebih rutin mereka lakukan. Ini berbeda dengan truk dan kendaraan komersial yang harus berpacu dengan waktu, sehingga cenderung mengoperasikan kendaraan mereka nonstop. Apalagi kalau truk, umumnya yang membawa kan sopir ya. Bukan pemiliknya langsung,” terangnya.

Pengalaman selama ini, semua kebutuhan perawatan rutin bisa ditangani langsung di lokasi pemilik kendaraan. Perawatan berkala seperti ganti oli, ganti filter, tune up, cek rem, cek elektrikal dan yang lain, dapat dikerjakan di luar bengkel resmi Isuzu. Tapi ketika kunjungan ke lapangan mekanik menemukan kasus tertentu yang lebih serius, maka kendaraan akan dibawa ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut.

“Pernah kami menemukan mesin sudah ngobos, kompresi rendah. Ya harus kami bawa ke stall untuk perbaikan. Kasus yang semacam ini tentu tidak bisa kami kerjakan di luar bengkel, karena perlu turun mesin,” lanjutnya.

Layanan ini memberikan dengan cepat informasi mengenai kerusakan yang terjadi dan gambaran perilaku berkendara, sehingga customer bisa melakukan pencegahan agar tidak terjadi masalah yang lebih besar serta berkendara lebih efisien.

Priyanto mengakui, pihaknya secara official belum ada layanan BIB yang beroperasi selama 24 jam. Namun secara aktual, banyak BIB yang beroperasi di luar waktu kerja normal di waktu-waktu genting, terutama di malam hari atas permintaan konsumen. (*)