Ekspansi Bisnis, Transcosmos Indonesia Buka Kantor di Yogyakarta
Transcosmos Indonesia berkomitmen memperluas jangkauan layanan dan mendukung transformasi digital.
KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Transcosmos Indonesia (TCID) sebuah perusahaan berskala internasional secara resmi membuka kantor di Yogyakarta. Kota ini dipilih oleh perusahaan yang berasal dari Jepang itu dengan pertimbangan memiliki kultur lokal sangat kuat serta mampu berjalan beringingan dengan teknologi.
“Sebagai bagian dari upaya ekspansi bisnis dan perluasan akses terhadap layanan customer experience (CX) berkualitas, transcosmos Indonesia (TCID) resmi membuka CX Square atau kantor cabang di Yogyakarta,” ungkap Ardi Sudarto, Vice President Director Transcosmos Indonesia, Kamis (7/11/2024).
Kantor Cabang Transcosmos di Yogyakarta menempati bangunan tiga lantai, lokasinya sangat strategis di Jalan C Simanjuntak No 91-92 Terban Kemantren Gondokusuman.
Didampingi General Manager CX Solution, Dimas Aditama serta General Manager of Digital Marketing Division, Herlina Yunaidi, lebih lanjut Ardi menyampaikan pembukaan CX Square Yogyakarta merupakan wujud komitmen perusahaan itu menyediakan layanan CX berkualitas bagi perusahaan di seluruh Indonesia, baik di kota besar maupun kota berkembang.
“Kami melihat Yogyakarta sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan teknologi, serta memiliki potensi besar untuk mendukung kebutuhan transformasi digital perusahaan,” kata Ardi.
Suasana salah satu ruangan Kantor Cabang Transcosmos di Yogyakarta. (sholihul hadi/koranbernas.id)
Dia menjelaskan, ekspansi ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan industri yang semakin berkembang, sekaligus mempercepat transformasi digital di wilayah tersebut. “Kantor baru TCID ini diproyeksikan menciptakan ribuan lapangan pekerjaan di bidang CX, mulai dari contact center hingga digital marketing,” tambahnya.
Seperti diketahui, beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekonomi Yogyakarta cukup stabil. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Yogyakarta pada triwulan IV 2023 meningkat sebesar 4,86 persen dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini didukung oleh sektor-sektor utama seperti pendidikan, pariwisata dan perdagangan.
Sebagai kota pelajar, Yogyakarta dikenal memiliki berbagai universitas ternama yang menghasilkan talenta berkualitas dengan beragam latar belakang. “Talenta ini memberikan TCID perspektif lebih luas untuk melayani klien dari berbagai sektor, sekaligus memperkaya inovasi dalam pengembangan layanan CX,” kata dia.
Selain itu, dengan perkembangan industri digital yang pesat, Yogyakarta juga menjadi basis bagi banyak perusahaan teknologi dan startup. Kondisi ini menjadikan kota ini lokasi strategis bagi TCID untuk memperluas jaringan dan mendukung pertumbuhan industri teknologi di luar Jakarta.
Ardi Sudarto menyampaikan, CX Square Yogyakarta dirancang untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif bagi karyawan.
Relax room
Menariknya, kantor tersebut selain dilengkapi fasilitas perangkat digital yang serba canggih juga tersedia relax room disediakan agar karyawan dapat melepas penat sejenak, termasuk kesempatan untuk tidur siang. Tak hanya itu, tersedia pula area lain untuk melakukan kegiatan kasual seperti bermain tenis meja hingga berinteraksi dengan rekan kerja.
Siang itu, awak media memperoleh kesempatan melihat langsung suasana di kantor tersebut. Dari balik kaca para karyawan terlihat bekerja di depan perangkat komputer masing-masing.
Menariknya lagi, hampir semua pintu dan ruangan memiliki akses yang terkontrol secara ketat, artinya tidak sembarang orang bisa masuk tanpa kartu akses, sebagaimana aturan yang diterapkan secara internasional sesuai standar ISO, organisasi internasional yang mengatur standardisasi.
Ardi menegaskan customer experience adalah jantung dari setiap interaksi pelanggan dengan brand. Implementasi CX yang kuat memungkinkan perusahaan membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan keunggulan kompetitif, yang sangat krusial bagi perusahaan-perusahaan yang berfokus pada pelanggan, seperti di sektor e-commerce, perbankan, telekomunikasi.
Dimas Aditama menyampaikan TCID hadir dengan layanan CX komprehensif mulai dari pengalaman pelanggan (CX) dan digital marketing yang menggabungkan keahlian SDM dan teknologi terbaru untuk membantu memaksimalkan potensi bisnis perusahaan.
Seluruh tahapan
Adapun layanan contact center dan digital marketing TCID meliputi seluruh tahapan interaksi pelanggan, dari tahap pencarian pelanggan hingga mempertahankan pelanggan, sehingga perusahaan tidak perlu mengandalkan berbagai vendor.
Selain untuk menyediakan solusi CX yang mampu menjangkau lebih banyak perusahaan, kehadiran TCID di Yogyakarta juga memberikan dampak langsung terhadap ekonomi lokal melalui penciptaan lapangan kerja.
Dengan target 1.000 karyawan pada tahun pertama, TCID tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi Yogyakarta, tetapi juga membuka peluang bagi para talenta lokal untuk berkontribusi dalam industri digital.
“Kami berkomitmen untuk menyediakan pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi setiap karyawan, sehingga mereka siap menghadapi kebutuhan industri yang dinamis. Kehadiran TCID di Yogyakarta diharapkan memberikan dampak positif nyata bagi ekonomi lokal,” kata Herlina Yunaidi menambahkan.
Disebutkan, Transcosmos Indonesia memiliki rekam jejak yang kuat sebagai mitra perusahaan dari sektor perbankan, otomotif, asuransi, ritel, telekomunikasi, hingga e-commerce, untuk menyediakan layanan CX berkualitas.
Bisnis digital
Transcosmos Indonesia didirikan pada tahun 2013 dan bergerak di bidang layanan bisnis digital dan customer experience. Dengan lebih dari 4.000 karyawan di tiga lokasi berbeda di Indonesia, yaitu Jakarta, Semarang dan Yogyakarta, TCID telah memperoleh berbagai penghargaan atas inovasinya dalam memperkuat layanan pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional.
Pada tahun 2024, Transcosmos Indonesia (TCID) berhasil meraih dua penghargaan yaitu platinum untuk kategori Contact Center Operations dan silver untuk kategori Employee Engagement di ajang The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA).
Sejak 1966, Transcosmos Inc telah menggabungkan sumber daya manusia yang kompeten dan teknologi terbaru untuk memberikan layanan berharga yang meningkatkan keunggulan kompetitif klien. Saat ini, transcosmos mendukung proses bisnis klien dengan fokus pada peningkatan penjualan dan optimalisasi biaya, melalui 181 kantor di 35 negara.
Dengan operasional yang sebagian besar berada di Asia, transcosmos terus meningkatkan efisiensi operasional dalam mendukung klien. Sejalan dengan pertumbuhan pasar e-commerce global, transcosmos menyediakan layanan e-commerce global yang komprehensif untuk mendukung produk dan layanan unggulan klien kepada konsumen di 46 negara di seluruh dunia. (*)