Kamis, 04 Mar 2021,

catat-malam-ini-pantai-parangtritis-ditutupKomandan Satpol PP Kabupaten Bantul, Yulius Suharta. (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Catat, Malam Ini Pantai Parangtritis Ditutup
KTP Pelintas Bakal Diperiksa
SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Dinas Pariwisata Bantul akan menutup obyek wisata, termasuk kawasan pantai Parangtritis dan bentangan pantai selatan lainya,  mulai Kamis (31/12/2020) pukul 18.00 WIB hingga Jumat (1/12/2021) pukul 06.00WIB.

Penutupan tersebut untuk mengantisipasi membludaknya arus wisatawan yang menghabiskan malam pergantian tahun di pantai sekaligus menghindari adanya kerumunan dalam situasi pandemi Covid-19. Apalagi angka terkonfirmasi positif di Bantul terus bertambah.


Komandan Satpol PP Kabupaten Bantul, Yulius Suharta, mengatakan terkait hal tersebut pihaknya akan menerjunkan 50  personel untuk melakukan antisipasi bersama jajaran kepolisian.

“Nanti  tim gabungan akan melakukan patroli. Termasuk bagaimana kami juga mem-back up ‘jalur tikus’ yang bisa berpotensi untuk pintu masuknya pengendara motor,” kata Yulius kepada koranbernas.id, Kamis (31/12/2020) pagi.


Dirinya berharap masyarakat dan wisatawan menyadari kebijakan penutupan tersebut. Hal itu demi kebaikan bersama, sehingga semua harus mematuhinya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Bantul, Aris Suharyanta, mengatakan kendati ditutup, tidak menutup kemungkinan ada saja wisatawan yang berusaha masuk ke obyek.

“Maka kami akan memeriksa KTP warga yang melintas. Yang diberi ijin melintasi Parangtritis hanyalah warga Kecamatan Panggang, Gunungkidul karena memang jalurnya bisa melalui Parangtritis, selain tentunya warga setempat. Selain itu, kami larang masuk kawasan Parangtritis,” kata Aris.

Adapun titik pemeriksaan akan dilakukan di simpang empat Druwo, depan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis, dan wilayah  perbatasan dengan Panggang, Gunungkidul.

“Kami melakukan antisipasi agar jangan ada kerumunan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-09,” katanya.

Dinhub, lanjut Aris, juga telah menyiapkan empat rambu di empat titik berbeda dan berisi imbauan serta pemberitahuan jika Pantai Parangtritis ditutup. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini