Selasa, 15 Jun 2021,


tidak-mudik-namun-tetap-bisa-menikmati-kuliner-khas-slemanJadah Tempe, kuliner khas Kabupaten Sleman yang ada di obyek wisata Kaliurang. (Dok. Dinpar Sleman)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Tidak Mudik, Namun Tetap Bisa Menikmati Kuliner Khas Sleman

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Setiap wisatawan mempunyai tujuan yang berbeda saat berwisata. Ada yang ingin memanjakan mata dengan berburu foto terbaik, belajar budaya setempat, belanja souvenir lokal atau menikmati alam sekitar dan memanjakan lidah dengan citarasa resep lokal.

Wisata Kuliner (Gastronomi) menjadikan sesuatu yang sangat penting dan dinanti saat berlibur. Namun, kali ini merupakan tahun kedua untuk menahan diri tidak mudik atau pulang ke kampung halaman bertemu sanak saudara.



Larangan pemerintah ini dimaksudkan untuk menekan penularan Covid-19 yang belum menunjukkan penurunan dari waktu ke waktu. Sejatinya pula pelarangan ini harus dipatuhi dengan sadar demi kesehatan bersama.

  • Cara Ini Bisa Turunkan Kemiskinan
  • Tour de Prambanan Jadi Ajang Promosi Wisata

  • Namun demikian bukan berarti tanpa mudik, jalinan silaturahmi menjadi terputus. Kemajuan teknologi, utamanya teknologi informasi dan komunikasi, memungkinkan suasana mudik tetap dapat dirasakan, tanpa harus memaksakan diri untuk bertemu secara langsung.

    Pemanfaatan aplikasi meeting online seperti google meet, zoom, skype dan lainnya sudah sering digunakan pada saat pembelajaran jarak jauh.

    Selain aplikasi tersebut, alternatif silaturahmi dengan keluarga yang dapat dipilih adalah dengan membeli produk lokal yang ada di daerah Sleman dan mengirimkannya dalam bentuk bingkisan untuk keluarga atau disajikan untuk di rumah. Sleman kaya akan citarasa menu lokal yang dapat dinikmati oleh siapapun.

    Pada kesempatan kali ini Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman akan me-highlight 10 menu Kuliner Sleman untuk dapat disajikan di rumah Anda masing-masing atau dikirimkan ke saudara dan sahabat Anda.

    Sepuluh kuliner andalan Kabupaten Sleman tersebut antara lain Kripik Belut Godean, Jadah Tempe Pakem, Soto Bathok Sambisari Kalasan, Sate Kelinci Kaliurang, Bebek Bacem Pasar Ngino, Mangut Belut Godean, Ayam Goreng Kremes Kalasan, Salak Pondoh Turi & Tempel Sleman, Wajik Kaliurang Pakem, Bebek Slenget Turi.

    Kuliner khas Sleman di atas dapat menjadi alternatif kuliner saat Lebaran Tahun 2021 untuk di rumah saja. Dengan memanfaatkan aplikasi ekspedisi yang ada.

    Suci Iriani Sinuraya, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Sleman, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/5/2021), mengatakan menu andalan Sleman ini cocok bagi yang kebetulan tidak bisa mudik dan jauh dari Sleman, tapi tetap ingin bersilaturahmi dan berbagi kebahagiaan di Lebaran 2021.

    "Tidak ada salahnya mencoba mengirimkan makanan kesukaan orang tua, saudara atau keluarga Anda di Sleman, atau di luar Sleman sebagai bingkisan Lebaran pengganti kehadiran Anda di tahun ini," kata Suci.

    “Kita tidak melarang untuk mudik, tapi mudik tahun ini dilakukan secara virtual dulu. Kita bisa belanja kuliner khas Sleman untuk diri sendiri, atau mengirimkan untuk keluarga ataupun kolega dan sahabat," lanjutnya.

    "Dengan memesan kuliner khas Sleman di Sleman, hal ini akan mengobati rasa rindu kita akan Sleman atau Jogja," tutupnya. (*)


  • MTQ Bukan Sekadar Ajang Lomba
  • Siklus Empat Tahunan DBD Diperkirakan Terjadi 2019



  • SHARE


    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini