CanalClub Asia Beri Inspirasi Pengusaha Muda untuk Berjaya di Era Digital

Pemikiran dan strategi diperlukan untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

CanalClub Asia Beri Inspirasi Pengusaha Muda untuk Berjaya di Era Digital
Konferensi pers CanalClub seusai workshop "General Class: Digital Marketing Strategic Plan for Brand". (muhammad zukhronnee muslim/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Dinamika bisnis modern kian berkembang pesat. Komunitas pengusaha muda CanalClub Asia yang berbasis di Yogyakarta menunjukkan semangat dan keberanian mengadopsi digital marketing sebagai salah satu strategi utama pengembangan bisnis mereka.

Rifki Ali Hamidi, salah seorang pendiri CanalClub Asia, percaya bahwa perubahan pemikiran dan strategi diperlukan untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan pada era digital.

Komitmen tersebut mereka wujudkan dengan menggelar workshop khusus bertajuk General Class: Digital Marketing Strategic Plan for Brand pada 9-10 Desember 2023.

Workshop tersebut memasuki Batch IX dan tercatat telah diikuti oleh lebih dari 200 perusahaan rintisan anak muda di Indonesia.

"Melalui workshop ini, CanalClub Asia berhasil membangun kolaborasi berkelanjutan dengan para pelaku bisnis muda dan menumbuhkan ekosistem bisnis yang saling menguntungkan," ujarnya saat konferensi pers, Sabtu (9/12/2023).

ARTIKEL LAINNYA: Yayasan AHM dan Taman Pintar Kembangkan Model Pengajaran Safety Riding

Digital marketing diyakini sebagai kekuatan pendorong perubahan yang signifikan dalam dunia bisnis saat ini. Melalui pemanfaatan media digital, pengusaha muda dapat menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan interaksi dengan pelanggan secara lebih efektif, dan membangun sinergi positif dengan berbagai pihak.

"Kami berkomitmen untuk membangun ruang kolaborasi yang lebih luas dan mengelaborasi berbagai potensi penuh dari platform-platform digital," ungkap Rifki.

"Hal ini dilakukan untuk memperkuat dan mendukung pertumbuhan yang berkesinambungan para member VIP CanalClub Asia," lanjutnya.

Pada pelaksanaan workshop Batch IX ini, Tazbir Abdullah selaku Dewan Penasehat Kadin DIY memberikan arahan dan membuka ruang kolaborasi yang lebih luas bagi para pengusaha muda yang hadir.

"Kolaborasi menjadi kunci utama dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat," kata dia.

ARTIKEL LAINNYA: Brand CRSL dan Filosofi Rezeki Terus Berputar Mirip Carousel

Sebagai bentuk komitmen tersebut, CanalClub Asia telah berkolaborasi dengan perusahaan pembiayaan iklan ternama dari Singapura dan menjadi salah satu official partner Facebook di Indonesia. Strategi digital marketing yang progresif dan inovatif ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Penggunaan media sosial, kampanye online melalui Meta ads, dan teknik optimasi mesin pencari (SEO) menjadi pilar utama dalam upaya CanalClub Asia untuk membangun pertumbuhan perusahaan dari sisi brand.

Langkah-langkah positif yang diambil oleh CanalClub Asia ini telah memberikan dampak yang signifikan. Beberapa industri yang dibangun oleh member CanalClub Asia telah berhasil menjadi National Brand dan memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia.

Dia berharap CanalClub dapat menginspirasi pengusaha muda lainnya untuk menjadikan digital marketing sebagai fokus utama dalam mengembangkan bisnis mereka. Komunitas ini siap berkolaborasi luas dengan konsep CanalClub Your Leading Partner to Grow.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, CanalClub Asia terus berkontribusi dalam memajukan bisnis digital di Indonesia dan menjadi contoh bagi para pengusaha muda lainnya. (*)