Kamis, 21 Okt 2021,


bin-menjaring-ratusan-pemulung-untuk-divaksinVaksinasi BIN DIY di TPST Piyungan, Bantul, Senin (11/10/2021). (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
BIN Menjaring Ratusan Pemulung untuk Divaksin

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Badan Intelijen Negara (BIN) DIY menggelar vaksinasi di TPST Piyungan, Bantul, Senin (11/10/2021).


Kegiatan diikuti ratusan pemulung dengan cara door to door, yakni petugas vaksinasi mendatangi lapak-lapak pemulung untuk melakukan penyuntikan vaksinasi dosis kedua bekerja sama dengan Poltekkes Yogyakarta.


Sugiarto koordinator vaksinasi mengatakan, memilih sasaran vaksinasi terhadap para pemulung, karena pekerjaan ini menjadi salah satu yang rentan terhadap penularan Covid-19.

"Para pemulung ini setiap hari bergelut dengan beragam sampah yang bukan saja dari Bantul, namun juga Sleman dan Kota Jogja. Di antara sampah tersebut adalah sampah masker," katanya.


Bisa juga sampah yang berasal dari keluarga yang melakukan isolasi mandiri. Maka vaksinasi sangat penting diberikan kepada mereka. Adapun vaksin yang digunakan adalah sinovac.

"Kendati sudah vaksin, jangan lupa untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan," pesan Sugiarto kepada para pemulung.

“Saya berharap vaksin menjadi salah satu benteng pertahanan para pemulung dalam situasi pandemi ini," lanjutnya.

Sementara Maryono, Ketua Paguyuban Pemulung TPST Piyungan mengatakan, jika di tempat ini jumlah pemulung sekitar 400 orang.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada BIN DIY yang menggelar vaksinasi dan mendatangi tempat kami," katanya.

Hal itu tentu saja disambut hangat para pemulung. Karena mereka bisa vaksinasi sambil tetap bekerja. Diharapkan vaksinasi di TPST Piyungan bisa mendukung herd imunity seperti harapan pemerintah. *



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini