berbagi-kebahagiaan-mahasiswa-ajak-lansia-karaokePenyerahan bingkisan untuk lansia. (istimewa)


sri-wijaya

Berbagi Kebahagiaan, Mahasiswa Ajak Lansia Karaoke


KORANBERNAS.ID -- Berbagi kebahagiaan bisa dilakukan dengan siapa saja termasuk kaum lanjut usia (lansia).

Inilah yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang memiliki program Senyum Psikologi 2019.


Baca Lainnya :

“Ini adalah bentuk bakti sosial dari mahasiswa psikologi bagi kaum lansia di Jogja,” kata Widarta MM, Humas UMBY, di kantornya Jalan Wates Km 10, Rabu (6/11/2019).

Bakti sosial tersebut baru saja dilaksanakan Sabtu (2/11/2019) di Panti Jompo ‘Wredha Hanna” Jalan Surokarsan Wirogunan Mergangsan Kota Yogyakarta.


Baca Lainnya :

“Kegiatan itu cuma diadakan beberapa jam karena mempertimbangkan kesehatan dan tidak semua lansia dapat mengikutinya,’ kata dia.

Acara ini bertema Golden Memories Memanggil Kembali Memori Keemasan Menyapa Bersama dengan Senyuman.

Melalui kegiatan ini lansia diingatkan kembali akan memori indahnya yang dapat dijadikan semangat dan juga ingatan menyenangkan untuk memotivasi mereka menjalani kehidupannya di masa tua.

Meskipun pelaksanaannya tidak dapat berlangsung lama yang pasti acara itu berlangsung semarak dan penuh kehangatan.

Guna melatih motorik para lansia, diberikan kegiatan brain gym (senam otak) dengan gerakan tangan yang ringan dan menyenangkan diiringi musik yang disesuaikan temponya.

Selanjutnya untuk meningkatkan motivasi dan semangat para lansia diadakan karaoke bersama,  dengan lagu lawas yang dipilih sendiri agar para lansia benar-benar dapat menyanyikan dengan semangat dan penuh kebahagiaan.

Mahasiswa UMBY berbagi kebahagiaan dengan para lansia. (istimewa)

Lansia juga berbagi cerita yang mereka alami di masa tuanya atau bahkan cerita membahagiakan dan berkesan dalam hidupnya yang tidak terlupakan hingga masa tuanya.

Kondang Budiyani MA Psikolog selaku Kaprodi Psikologi menyampaikan HMPS Psikologi rutin menggelar acara senyum psikologi dengan obyek dan tema yang berbeda-beda.

“Masa lanjut usia merupakan usia yang rentan kehilangan motivasi hidup, karena sudah tidak termasuk usia produktif, mulai kehilangan teman seusianya, bahkan terkadang memerlukan orang lain untuk membantunya melakukan kegiatan sehari-hari. Anak-anak HMPS Psikologi tergerak untuk menciptakan senyum para lansia,” terangnya.

Seorang lansia mengaku senang dijenguk dan diperhatikan oleh mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

“Acara ini membangkitkan semangat muda saya dan teman teman di sini,” ucap Oma Asparin, salah seorang penghuni panti yang mengikuti acara Senyum Psikologi.

Ketua pelaksana, Salsabila Rahaudhatu Aisi,  mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah.

Dengan cara itu, mahasiswa memiliki gambaran lingkungan dan juga penerapan ilmu yang sesungguhnya saat memasuki dunia kerja. (sol)



BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini