arbi-pembalap-remaja-purworejo-siap-berlaga-di-atc-2020Fadillah Arbi Aditama, saat dijumpai koranbernas.id di SMP Bruderan Purworejo, Jateng. (w asmani/koranbernas.id)


asmani

Arbi, Pembalap Remaja Purworejo Siap Berlaga di ATC 2020

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Masyarakat Purworejo dibuat penasaran dengan beredarnya video pertemuan seorang pembalap remaja asal Purworejo dalam vlog Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sabtu (18/1/2020) lalu. Pembalap tersebut adalah Fadillah Arbi Aditama (14), pelajar kelas VIII SMP Bruderan, Purworejo, Jawa Tengah yang siap berlaga di ajang Asia Talent Cup (ATC) 2020.

ATC adalah kompetisi balap motor yang diperuntukan bagi pembalap muda di kawasan Asia dan Oseania. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Dorna, yang juga menjalankan kompetisi MotoGP dan Kejuaraan Dunia Superbike.

Koranbernas.id berusaha mencari keberadaan Arbi. Dari informasi yang disampaikan eyang putrinya Asih Bagyo, menuturkan bahwa Arbi setiap hari Sabtu dan Minggu latihan di sirkuit Semut Aspal, Boyolali, Jateng.

Fadillah Arbi Aditama merupakan anak sulung pasangan Robi Kurniawan dan Anggi Putri Anggraeni, yang tinggal di Perum Doplang Blok A-4 RT 01/RW 06 Purworejo. Arbi menjadi satu dari empat wakil Indonesia yang akan beraksi pada ATC 2020. Siswa kelas VIII SMP Bruderan Purworejo tersebut akan bersaing dengan pembalap-pembalap dari negara-negara Asia lainnya pada Februari mendatang.

Saat ditemui koranbernas.id di sekolahnya, Senin (20/1/2020), Arbi menuturkan dirinya sejak kelas 6 SD sudah menekuni dunia balap motor dengan arahan dan bimbingan ayahnya. Arbi mengikuti sejumlah kejuaraan, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Awalnya, pelajar kelahiran tahun 2005 ini hanya mengikuti ayahnya bertanding grass track di wilayah Purworejo. Dari sekedar menonton ayahnya bertanding, akhirnya pada tahun 2017 Arbi yang saat itu masih duduk dibangku SD kelas 6 tertarik mengikuti jejak ayahnya tekuni dunia balap motor.

Selama ini Arbi telah mengikuti event balap motor Kejurnas di Region Jawa. Baru di tahun 2019 Arbi ikut Astra Honda Racing School melalui seleksi online. Berbekal predikat 15 kali juara, akhirnya Arbi lolos audisi ATC.

“Sekitar bulan Oktober 2019 lalu, Arbi didaftarkan dari pihak Astra Honda Motor untuk mengikuti Seleksi ATC di Sepang, dan alhamdulillah Arbi lolos untuk dapat mengikuti event ATC 2020,” katanya.

Untuk menghadapi ajang bergengsi itu, Arbi saat ini tekun melakukan persiapan fisik dan latihan secara rutin di Boyolali pada hari Sabtu dan Minggu.

Pelajar supel tersebut mengaku tidak mengalami kesulitan dalam latihan. Untuk latihan, pelajar kelas 2 SMP itu menggunakan motor 150 cc, meski yang dipakai untuk pertandingan nanti menggunakan motor 250 cc.

Arbi berpesan kepada pelajar lainnya yang gemar balap motor untuk mengikuti langkahnya. "Jangan balapan liar di jalanan. Bergabunglah dengan klub yang ada. Namun untuk klub yang memberikan kesempatan mengirimkan atlet ke berbagai kejuaraan hanya Astra Honda Racing School," beber Sulung dari 2 orang adik laki-laki ini.

Kepada Bupati Purworejo, Arbi juga meminta untuk dibuatkan sirkuit karena di Purworejo belum ada. "Purworejo perlu dibangun sirkuit untuk mewadahi pembalap-pembalap kecil, seperti Sumber Alam Adventure (SAC) dulu," katanya.

Arbi juga mengisahkan, awalnya memosting status di WhatsApp, kemudian dipanggil Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. "Saya sudah bertemu dengan Pak Ganjar, tetapi malah belum ketemu dengan Bupati Purworejo, Pak Agus Bastian," ucap Arbi.

Melalaui sambungan WhatsApp, Anggi Putri Anggraeni, ibu kandung Arbi, menuturkan persiapan sebagai orang tua hanya selalu memberi semangat. "Selalu mengingatkan Arbi untuk disiplin, rajin dan jangan lupa untuk sholat," papar Puput, panggilan akrabnya.

 

Puput berharap Arbi bisa menjadi juara di Asia Talent Cup 2020 nanti. (eru)


Baca Lainnya :


Baca Lainnya :


TAGS:

SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini