Aksi Kecil Selama 30 Tahun Bisa Selamatkan Bumi

Aksi Kecil Selama 30 Tahun Bisa Selamatkan Bumi

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA--Tidak terasa kehadiran The Body Shop di Indonesia sudah 30 tahun lebih. Selama itu pula The Body Shop Indonesia telah melakukan berbagai aksi kecil yang berdampak besar di Indonesia dalam menjadikan bumi lebih indah dan layak.

Berbagai usaha, inovasi, dan aktivisme yang melibatkan konsumen, komunitas dan juga berbagai elemen telah membuahkan hasil yang memberikan perubahan positif dalam perilaku masyarakat.

“Perjalanan selama 30 tahun ini merupakan usaha kami membawa perubahan positif dalam isu perempuan, sosial dan lingkungan. Tidak hanya menyediakan produk skincare, hair care, dan makeup berbahan dasar alami pilihan dan terinspirasi dari alam serta diproduksi secara etis dan berkelanjutan,” papar Nimas Chrisensia, Sr. Campaign Management The Body Shop Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Nimas, The Body Shop Indonesia juga melakukan langkah nyata yang mendukung perubahan positif tersebut. Diantaranya dengan menghadirkan program Bring Back Our Bottle, meluncurkan Change-making Beauty Store, dan menggaungkan kampanye

Program Bring Back Our Bottle (BBOB) juga menjadi salah satu program unggulan dari The Body Shop Indonesia yang mendorong konsumen untuk mengembalikan kemasan plastik yang telah mereka pakai. Program BBOB juga mengajak semua untuk menjadikan aksi isi ulang produk menjadi sebuah kebiasaan baru melalui Refill Station yang tersedia di geraigerai The Body Shop.

Sejak tahun 2008, program BBOB sudah mengurangi 9 juta sampah plastik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan inisiatif mendaur ulang produk bekas kemasannya. Selain itu secara konsisten terus mengedukasi, memberikan solusi dan juga kolaborasi yang inovatif dengan impact partners (NGO, waste management center, komunitas) untuk isu polusi plastik dari plastik sekali pakai.

“Kami juga memperkenalkan Change-making Beauty Store sebuah konsep gerai terbaru yang dimana hampir 100% materi yang dipakai terbuat dari bahan-bahan yang berkelanjutan. Dalam membangunnya, The Body Shop juga berkolaborasi dengan social impact business partners yang memiliki visi misi yang sama tentang sampah dan sustainability,”jelasnya.

Nimas menambahkan, The Body Shop Indonesia juga mengajak kaum muda mengambil aksi yang lebih nyata dan bersuara lebih lantang dalam isu perubahan iklim yang dikemas dalam kampanye Be Seen Be Heard. Dalam kampanye ini, kaum muda didorong untuk lebih aktif dan memegang peran sebagai “Change Maker”.

Dari inisiatif-inisiatif yang dihadirkan selama ini, Body Shop Indonesia ingin meyakinkan setiap orang bahwa mereka bisa membawa perubahan walaupun dengan hanya melakukan hal-hal kecil.

“Kalau bukan generasi muda, siapa lagi yang akan memastikan masa depan planet ini. There’s No Future on The Dead Planet. Kita tidak bisa mengejar mimpi dan cita-cita kita apabila Bumi dan alam sekitarnya tidak lagi lestari,” ungkapnya.(*)