Kamis, 21 Okt 2021,


wakil-bupati-sleman-ikut-memanen-leleWakil Bupati Sleman Danang Maharsa memanen lele dari kolam. (istimewa)


Nila Hastuti
Wakil Bupati Sleman Ikut Memanen Lele

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Danang Maharsa, menghadiri panen raya lele dan pembukaan bazar murah Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Usaha Mulia Dusun Kandangsari, Kapanewon Ngaglik Sleman, Minggu (26/9/2021).A


cara ini diselenggarakan bekerja sama dengan Fakultas Pertanian UGM Departemen Perikanan UGM yang juga dihadiri Ketua TP PKK kabupaten Sleman, Sri Hapsari Suprobo Dewi.


Danang Maharsa mengapresiasi KSM Usaha Mulia bekerja sama dengan Fakultas Pertanian UGM menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Harapan kami kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain, dalam rangka pengembangan usaha budi daya lele serta pengolahan lele yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat,” kata Danang.


Danang juga mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Pertanian UGM yang terus mendampingi masyarakat untuk bisa meningkatkan produksi perikanan serta pengolahan hasil perikanan. Ini selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Sleman menggalakkan gemar makan ikan.

Pemerintah Kabupaten Sleman akan selalu melakukan pendampingan kepada kelompok usaha sejenis guna meningkatkan hasil perikanan dan olahan hasil perikanan.

“Masalah pangan adalah hak masyarakat untuk dipenuhi oleh pemerintah, seperti pesan Bung Karno yang mengatakan bahwa soal pangan, adalah soal hidup matinya bangsa,” kata Danang.

Wakil Dekan Bidang Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama Fakultas Pertanian UGM,  Sri Nuryani Hidayah Utami, mengatakan pendampingan ini merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Departemen Perikanan UGM membina masyarakat di sini untuk memelihara lele, setelah lele besar kami berikan bimbingan pengolahan berupa produk olahan seperti cilok, sempol, abon lele, empek-empek, sate lele,” kata Sri Nuryani.

Kegiatan dilanjutkan panen lele diakhiri dengan mengunjungi bazar dari beragam olahan lele yang diproduksi Kelompok Usaha Masyarakat Usaha Mulia. (*)


TAGS: lele  panen 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini