Siasati Era Disrupsi, Resiliensi Penting dalam Menjalankan Bisnis

Siasati Era Disrupsi, Resiliensi Penting dalam Menjalankan Bisnis

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA - Perusahaan penyedia layanan one stop logistics KiriminAja menggelar acara networking dan temu alumni pada Kamis (13/10/2022) di kantor KiriminAja, Yogyakarta.

Dalam kesempatan ini dihadirkan founder Biznis.id sekaligus komisaris KiriminAja yaitu Budi Isman yang membagikan tips dan ilmu tentang membangun bisnis yang tangguh atau resilien.

"Resiliensi menjadi hal yang penting dalam menjalankan bisnis di era disrupsi seperti saat ini. Terlebih jika muncul banyak kompetitor yang berpotensi merugikan bisnis," papar Budi dalam keterangan tertulisnya Jumat (14/10/2022).

Budi melanjutkan, ada pengusaha yang mampu bertahan dari situasi yang sangat kompetitif dengan mudah, tetapi ada juga pebisnis yang gagal karena tidak berhasil keluar dari situasi yang sulit. Kemampuan untuk terus melanjutkan bisnis setelah mengalami kesulitan dan penuh tekanan tentunya bukan hal yang mudah.

"Kemampuan tersebut adalah bagian dari resiliensi bisnis," imbuhnya.

Lebih kanjut ia menjelaskan, muncul dan berkembangnya pemahaman mengenai istilah resiliensi mendorong paradigma terkait bagaimana cara pebisnis menghadapi tantangan usaha. Paradigma lama lebih berfokus pada kekurangan perlahan-lahan mulai tergantikan dengan paradigma adaptasi positif yang berfokus pada kekuatan diri.

“Self control tetep calm, pahami persoalan, impulsif buat nambah ads & diskon, empathy dengan tim. Komunikasi how to tell kalo situasi apa adanya, transparant ke tim to the point tapi dengan empathy,:" terangnya.

Decesive : bikin decision yang cepat. Adaptive : bisa menentukan aturan tapi bisa cukup adaptif, kreatifitas dan inovasi serta terbuka dengan wawasan yang berbeda.

Sementara Chief Executive Officer KiriminAja, Faris Gustanjung Jaya juga membagikan pengalaman bagaimana dalam membangun bisnis yang sukses dan bertahan di tengah ekonomi yang menurun sepanjang pandemi Covid-19.

“Sebagai produk aplikasi, adapun sejauh ini inovasi yang ditawarkan platform KiriminAja fokus untuk mempermudah pengiriman paket, di mana pengirim dapat memilih beragam ekspedisi dalam satu aplikasi dan melayani kebutuhan COD (Cash-On-Delivery) maupun non-COD. Sehingga sangat relate dengan pebisnis yang ingin terus berkembang," paparnya.

"Harapannya semua pebisnis dari UMKM maupun korporasi dapat berkembang bersama KiriminAja,” kata dia.

Ke depan, lanjut Faris, KiriminAja dan Biznis.id akan terus dilakukan guna memperluas jaringan serta menjadi wadah saling bertukar ilmu antar pebisnis, tidak hanya di Yogyakarta namun perlahan akan diperluas ke seluruh Indonesia.(*)