Sales & Marketing Manager Trans Home Rochmanto Prasojo: Jogja Memang Kecil, Tapi Pasarnya Besar
Perilaku customer atau pasar memang sudah berubah. Keputusan membeli material bukan lagi sebatas diskon harga, tapi juga experience
KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA—Bisnis bahan bangunan di Jogja terus berkembang. Medio 2000-an, bahan-bahan bangunan masih disuplai oleh toko-toko bangunan biasa. Tapi beberapa tahun paska Gempa Bantul, berangsur bisnis bahan bangunan bergeser. Kebutuhan material atau bahan bangunan bukan lagi monopoli toko bangunan, melainkan sudah mulai bermunculan supermarket bangunan dan bahkan sekarang mulai berkembang ke experience store.
Salah satu yang mulai mengembangkan konsep experience store untuk material atau bahan bangunan, adalah Trans Home Supermarket Bahan Bangunan Yogyakarta. Pengembangan konsep ini, menurut Sales & Marketing Manager Trans Home, Rochmanto Prasojo, bukan tanpa alasan.
“Jogja itu kota kecil, tapi pasarnya besar dan terus berkembang. Pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap bahan bangunan juga semakin meningkat,” kata Anto, panggilan akrab Rochmanto Prasojo, pekan silam.
Melalui experience store, Trans Home bukan semata berbisnis atau berjualan building materilas. Konsep ini membawa Trans Home berkembang menjadi modern outlet untuk bahan bangunan, yang memungkinkan konsumen atau customer mendapatkan ilmu atau pengetahuan dan dapat memilih material bangunan yang terbaik dan cocok untuk rumah ataupun kantor dan bisnis mereka.
“Perkembangan teknologi bahan bangunan kan sudah begitu maju. Perlu ruang bagi customer untuk selalu meng-update pemahaman mereka supaya tidak ketinggalan zaman,” kata Anto.
Di Trans Home, experience store berada di lantai 2. Selain nantinya ada display produk, juga akan dikembangkan mock up dan fasilitas lainnya untuk memberikan gambaran lebih detail bagi customer sebelum memutuskan memilih produk.
“Bahkan di lantai 3, kami menyiapkan fasilitas berupa aula yang memungkinkan kita ataupun customer mengadakan acara untuk sharing atau promo apapun terkait dengan bangunan. Perilaku customer atau pasar memang sudah berubah. Keputusan membeli material bukan lagi sebatas diskon harga, tapi juga experience sehingga pilihan konsumen tepat,” katanya.
Berlokasi di Jalan Raya Jogja-Solo KM 11, Kalitirto Berbah, Trans Home Supermarket Bahan Bangunan Yogyakarta menjadi salah satu tujuan belanja bahan bangunan warga DIY dan kota-kota penyangga di sekitarnya. Mulai dari Klaten, Magelang, Purworejo dan bahkan dari Solo.
Trans Home mengembangkan layanan pengantaran barang di hari yang sama, untuk memastikan pesanan customer diterima tepat waktu. Untuk produk, manajemen memastikan hanya produk-produk menengah atas berkualitas yang didisplay.
“Banyak pabrikan yang mengajak kami bekerjasama sebagai mitra outlet atau dealer. Tapi kami tidak bisa sembarang menerima, kami sangat selektif. Selain kualitas produk dan harga yang kompetitif, kami juga harus memastikan kontinyuitasnya. Jangan sampai hari ini, minggu ini dan bulan ini produk itu ada, tapi berikutnya sudah tidak dikirim. Ini untuk menjaga kepercayaan customer,” pungkasnya. (*)