ratusan-pelajar-adu-kreativitas-di-depan-tentaraPenampilan peserta di ajang Komsos Kreatif Korem 071/Wijayakusuma. (istimewa)


putut-wiryawan

Ratusan Pelajar Adu Kreativitas di Depan Tentara

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Ratusan pelajar dan pemusik jalanan dari sembilan kabupaten dan kota di Jawa Tengah bagian barat atau wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma, beradu kemampuan menari, melukis dan menyanyi di depan tentara dan masyarakat Purwokerto.

Acara yang berlangsung Selasa (27/8/2019) di Rita Supermall Purwokerto Banyumas kali ini  merupakan bagian dari kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Korem 071/Wijayakusuma.


Baca Lainnya :

Kepala Seksi Teritorial Korem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Sapto Broto SE mengatakan, kegiatan Komsos sebagai upaya memberikan ruang kreasi pada generasi muda khususnya di bidang kesenian.

Peserta nyanyi berasal dari para seniman jalanan. Sedangkan seni tari perjuangan dan melukis dari para pelajar SLTA/SMK sederajat.


Baca Lainnya :

Kegiatan ini untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, sebagai upaya mencegah adanya perbuatan negatif seperti mengkonsumsi alkohol dan narkoba di kalangan anak muda dan seniman jalanan.

“Kita mengangkat kearifan lokal, khususnya tarian daerah. Kemudian memberikan ruang kreasi kepada mereka. Mereka biasa latihan, tanpa adanya ruang kreasi maka akan mengurangi motivasi mereka,” kata Sapto Broto.

Dipilihnya pusat perbelanjaan sebagai ajang lomba agar memberikan kesempatan lebih banyak penonton dan pengunjung melihat kreativitas anak muda menari dan menyanyi.

Hal ini cukup terbukti, ratusan pengunjung mal yang berada di kawasan Alun-alun Purwokerto, cukup antusias melihat para peserta menampilkan kemampuannya.

Penyerahan hadiah untuk para pemenang. (istimewa)

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana S Sos MM M Han dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kasiterrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Sapto Broto SE menyampaikan dengan kegiatan ini, diharapkan akan tumbuh dan terbentuk jiwa dan karakter bangsa yang semakin kuat dan andal di kalangan masyarakat dan pelajar, untuk bersama-sama membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju, berdaulat dan berkepribadian.

Menurut Danrem, lomba musik jalanan, tari kreasi perjuangan dan melukis dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat Kodim, Korem dan Kodam.

"Ini kegiatan di tingkat Korem, di tingkat Kodim telah dilaksanakan seleksi pada minggu kedua bulan Agustus 2019,” ujarnya.

Pemenang akan mewakili Korem 071/Wijayakusuma dalam ajang yang sama di tingkat Kodam IV/Diponegoro.

Tari kreasi perjuangan Juara I diraih SMAN 1 Bawang perwakilan Kodim 0704/Banjarnegara, Juara II SMAN 1 Bobotsari perwakilan Kodim 0702/Purbalingga dan Juara III SMAN 1 Wangon perwakilan Kodim 0701/ Banyumas.

Musik Jalanan, juara diraih Grup Punakawan Indonesian Tek-tek perwakilan Kodim 0704/Banjarnegara, Juara II Grup Putra Dewa perwakilan Kodim 0702/Purbalingga, dan Juara III Grup New Laresta perwakilan Kodim Kodim 0701/Banyumas.

Lomba melukis, Juara I Arita ZA perwakilan Kodim 0702/Purbalingga. Juara II Asraf perwakilan Kodim 0701/Banyumas. Sedangkan Juara III Kharisma NS perwakilan dari Kodim 0703/Cilacap. (iry)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini