Pertama di Dunia, Teknologi AI Produk PT ESB Mempermudah Bisnis Kuliner

Hingga kini di DIY sekitar 3.000 outlet sudah menggunakan produk PT ESB.

Pertama di Dunia, Teknologi AI Produk PT ESB Mempermudah Bisnis Kuliner
PT ESB memperkenalkan produk mereka pada ajang JIFHEX 2024 di JEC, 9-11 Agustus. (sariyati wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- OLIN, Aplikasi Asisten Artificial Intelligence (AI) dari PT Esensi Solusi Buana (ESB) menjadi teknologi pertama di dunia yang mempermudah bisnis kuliner. Dengan OLIN bisa membantu pengguna untuk prediksi target penjualan, identifikasi promosi yang efektif, rekomendasikan menu kombinasi, cegah fraud dan periksa kesehatan bisnis.

"Dalam melakukan prediksi kita sesuaikan dengan kondisi sekitar dari lokasi usaha. Di antaranya kita mengacu data BPS bahkan sampai acuan data tingkat kelurahan. Jadi rigit," kata Gunawan, CEO dan Co-Founder ESB, kepada media di sela acara Jogja International Food & Horeca Expo (JIFHEX) 2024 di Jogja Expo Center (JEC), Jumat (9/8/2024) sore.

JIFHEX berlangsung hingga 11 Agustus dan PT ESB membuka booth serta memberikan penawaran menarik bagi pemilik bisnis atau usaha kuliner. OLIN adalah asisten kecerdasan buatan yang dapat memberikan rekomendasi praktis bagi pebisnis F&B.

OLIN mulai dikembangkan pada tahun 2023. OLIN direpresentasikan sebagai seorang asisten virtual wanita berusia 29 tahun. “Hingga saat ini belum ditemukan AI serupa yang selengkap OLIN, dilihat dari sisi layanan maupun pengalaman (user experience) terutama di industri F&B,” kata Gunawan.

OLIN telah dipercaya dan dibuktikan oleh beberapa merchant ESB terutama pada skala bisnis menengah ke atas. Ke depan tidak menutup kemungkinan untuk dapat membantu pemilik UMKM kuliner yang juga menggunakan aplikasi POS ESB terlebih dahulu.

Produk PT ESB Ahlinya Bisnis Kuliner. (sariyati wijaya/koranbernas.id)

OLIN dirancang dengan mengusung empat nilai utama. Pertama, Security, keamanan dan kerahasiaan data terjamin karena seluruh data dikumpulkan dan diolah di dalam server ESB.

Kedua, Accuracy, proses data dilakukan setiap hari secara terperinci dan akurat, serta menyajikan laporan yang lengkap dan detail. Ketiga, Reliability, OLIN mengolah data realtime dari transaksi harian setiap brand sehingga rekomendasi yang diberikan bersifat spesifik, dan telah teruji selama dua tahun di beberapa merchant ESB.

Keempat, Convenience, memiliki user experience yang simpel, OLIN memastikan data terolah otomatis dan penyajian rekomendasi praktis.

Gunawan menambahkan OLIN membantu pengusaha kuliner dalam berbagai aspek bisnis dengan akurasi hingga 90 persen dan akan semakin tinggi tingkat akurasinya bila menggunakan produk ESB setidaknya tiga bulan.

Ekosistem yang dimiliki oleh ESB tidak hanya sebatas sistem operasional melainkan channel penjualan tambahan yang bisa digunakan oleh merchant untuk menaikkan penjualan. Seperti Fitur Smart Campaign pada Sistem Loyalitas ESB yang bisa menjangkau pelanggan setia menggunakan Whatsapp Automation.

Sekitar 3.000 outlet

Kemudian, ESB telah bekerja sama dengan platform sosial media TikTok untuk pembelian voucher langsung dari merchant ESB melalui akun TikTok merchant.

Hingga kini di DIY sekitar 3.000 outlet yang sudah menggunakan produk ESB antara lain BOGA Group, Ismaya Group, Sambal Bakar Indonesia, Mie Gacoan, Akang Grup, Tahu Go, Emados, Arah Kopi, Bloomery Patisserie, Kebuli Abuya, Hara Chicken, Drini Park, Bebek & Ayam Kampung Mas Budi, dan masih banyak lagi.

"Kita melihat perkembangan kawasan wisata di Yogyakarta dan sekitarnya turut didorong oleh perkembangan bisnis kuliner lokal yang semakin tumbuh. Inovasi yang dilakukan oleh para pengusaha kuliner lokal menjadi salah satu faktor utama dari pertumbuhan ini,” jelasnya.

Menurut dia, digitalisasi menjadi salah satu inovasi paling ampuh untuk meningkatkan produktivitas usaha kuliner serta membantu pertumbuhan bisnis. “Operasional restoran atau bisnis kuliner dapat lebih efektif dan efisien jika menggunakan software pengelolaan bisnis yang terintegrasi dan dapat dioperasikan melalui berbagai device dan platform," katanya.

Itulah kemudian PT Esensi Solusi Buana (ESB) hadir sebagai solusi akselerasi bisnis kuliner di Indonesia. ESB juga menghadirkan teknologi software kasir yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner F&B, baik restoran, cloud kitchen, warung makan dan perhotelan.

Sistem pemesanan

Software kasir ESB memiliki ekosistem mulai dari proses pemesanan dengan berbagai macam jenisnya, pembayaran kasir, pencatatan pesanan, sistem pemesanan online, procurement, loyalty program, hingga AI aplikasi.

Banyak pebisnis kuliner lokal Yogyakarta yang merasa terbantu operasional bisnisnya oleh ekosistem ESB, salah satunya Bloomery Patisserie, yang saat ini sukses memiliki 8 outlet di kota-kota besar di Indonesia.

“Dengan menggunakan ekosistem ESB, kami dapat terhubung dengan outlet-outlet kami secara mudah dan cepat. ESB POS, ESB Core, ESB Loop, dan ESB Order memiliki fitur lengkap yang tidak hanya dapat membantu operasional namun juga membantu kami mengambil keputusan bisnis yang tepat. Jadi saya sangat terbantu,” ujar Amelinda Inggriani, Co-Founder Bloomery Patisserie.

Chief Marketing Officer ESB, Fitriana Dyah, menambahkan melihat potensi bisnis kuliner yang besar di kota Yogyakarta dan sekitarnya, ESB ingin dapat membantu lebih banyak lagi pengusaha kuliner untuk mengoptimalkan bisnisnya dengan memanfaatkan ekosistem ESB yang terintegrasi secara seamless.

Solusi teknologi

"Maka kami hadir dalam acara ini yang kami nilai sebagai ajang yang tepat bagi ESB memperkenalkan kembali solusi teknologi bisnis kuliner kepada masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Contohnya ESB POS yang merupakan aplikasi kasir online-offline berbasis Windows/Linux yang terintegrasi dengan seluruh ekosistem ESB dalam toko, seperti kitchen display, customer display, captain order, kios pemesanan, sistem ERP, loyalty system, aplikasi pemesanan di luar ekosistem ESB, dan berbagai sistem pembayaran," terangnya.

Hadir sejak tahun 2018, hingga saat ini ESB telah digunakan oleh lebih dari 30 ribu merchant di seluruh Indonesia bahkan Asia Tenggara.

PT Esensi Solusi Buana (ESB) adalah spesialis sistem operasional terintegrasi untuk bisnis kuliner dengan produk utamanya berupa software kasir dan ERP terintegrasi yang dirancang khusus untuk bisnis F&B seperti restoran, cafe, coffee shop, food court, cloud kitchen, hotel F&B. Software yang ditawarkan oleh ESB terdiri dari sistem kasir POS, ERP, kitchen display, queue display, kiosk, sistem pemesanan online, loyalty program, supply chain, dan business intelligence yang terintegrasi dalam satu ekosistem lengkap.

"Bagi yang akan menggunakan teknologi ini bisa mengunduh di Playstore atau Appstore dan akan terhubung dengan tim kami," katanya. (*)