Pebisnis Harus Membangun Personal Branding di Era Digital

Dengan strategi branding yang tepat, pebisnis lokal bisa memenangkan persaingan pasar yang semakin kompetitif.

Pebisnis Harus Membangun Personal Branding di Era Digital
Diskusi Bisnis Lebih Maju Jadi Juara Vol 3 yang digelar KiriminAja dan Plugo di Yogyakarta, Sabtu (29/6/2024). (istimewa)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA --  Bisnis tak melulu menjual produk atau jasa. Di tengah persaingan era digital yang semakin ketat saat ini, para pebisnis harus mampu membangun personal branding.

Membangun identitas brand yang kuat menjadi kunci utama. Otomatis para pelanggan dan konsumen akan melihat produk dan brand bisnisnya.

Personal branding juga krusial karena bisa meningkatkan penjualan bahkan tanpa iklan. Ini menunjukkan bahwa hubungan emosional antara brand dan pelanggan dapat menciptakan loyalitas yang lebih dalam," kata Nissa Khoirina, owner Puthic & By Nissa Khoirina, dalam diskusi Bisnis Lebih Maju Jadi Juara Vol 3 yang digelar KiriminAja dan Plugo di Kolektif Collaboraction Space, Sabtu (29/6/2024).

Nissa menekankan, mungkin tidak semua pemilik bisnis memiliki kepercayaan diri tampil sebagai wajah brand. Solusinya adalah memanfaatkan brand ambassador yang dapat menjadi perpanjangan tangan dari brand.

Persaingan pasar

Dengan strategi branding yang tepat, pebisnis lokal bisa memenangkan persaingan pasar yang semakin kompetitif, memperkuat brand identity serta memanfaatkan sosial media.

"Selain itu menjalin kolaborasi yang strategis adalah beberapa langkah praktis yang bisa diterapkan," ujarnya.

Hal senada disampaikan Dian Septiani R selaku owner Disera Agency. Baginya, sangat penting memperkuat value dan keunikan brand. "Dengan brand identity yang kokoh, pelanggan akan lebih mudah mengenali dan mengingat produk kita," jelasnya.

Tak sekadar diskusi bersama para pebisnis muda, dalam kegiatan yang merupakan kolaborasi ketiga antara KiriminAja dan Plugo ini juga digelar pengenalan kedua perusahaan tersebut.

Potensi bisnis

Luluk Seilla selaku Senior Account Manager KiriminAja dan Izki Aldrin sebagai Direktur Plugo Indonesia memperkenalkan kemudahan-kemudahan yang dapat diperoleh pelaku bisnis dengan menggunakan KiriminAja dan Plugo untuk memaksimalkan potensi bisnis.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari serangkaian program yang dilaksanakan dalam rangka membantu pebisnis lokal untuk memaksimalkan potensinya di era digital," ungkap Luluk.

Kegiatan itu diharapkan menjadi edukasi mengenai branding dan personal branding. Selain itu, juga meningkatkan networking intimate session melalui focus group discussion (FGD) yang menjawab kebutuhan dari para owner bisnis.

Izki menambahkan, kolaborasi KiriminAja dan Plugo diharapkan dapat terus membantu para pebisnis lokal untuk lebih maju dan menjadi juara. Salah satu inisiatif Plugo adalah komunitas Seller Juara yang diinisiasi untuk mendukung setiap pebisnis atau seller menjadi juara dengan cara masing-masing.

"Dengan dukungan platform pengiriman terbaik dari KiriminAja dan manajemen toko yang efisien dari Plugo, pebisnis bisa lebih fokus mengembangkan bisnis tanpa khawatir soal pengelolaan logistik dan operasional," jelasnya. (*)