Kamis, 27 Jan 2022,


novel-kisah-kinasih-diluncurkan-di-sastra-bulan-purnamaTara Nusantara akan tampil untuk memeriahkan acara peluncuran novel Kisah Kinasih. (istimewa)


Arie Giyarto
Novel Kisah Kinasih Diluncurkan di Sastra Bulan Purnama

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Novel berjudul Kisah Kinasih karya Dhama Dove yang tinggal di Riau akan diluncurkan pada event Sastra Bulan Purnama edisi 122 Poetry Reading From Home seri 22, Sabtu (20/11/2021) pukul 19:30 live di youtube.


Selama pandemi, Sastra Bulan Purnama yang selama ini diselenggarakan di Tembi Rumah Budaya dialihkan secara daring, dengan mengambil kanal youtube sastra bulan purnama.


Sejak April 2020, SBP, kependekan dari Sastra Bulan Purnama, sudah dialihkan secara virtual. Meski semua kegiatan yang mengumpulkan orang dilarang, event tersebut tetap diselenggarakan secara daring.

Dalam dua bulan ini, dimulai Oktober dan Nopember 2021 telah dicoba diselenggarakan secara offline di Tembi Rumah Budaya dengan jumlah peserta terbatas 30 orang. Namun versi poetry reading from home dalam format daring tetap dilakukan.


“Jadi, selama pandemi covid 19 belum punah, ada dua versi Sastra Bulan Purnama, yakni offline dan daring, dengan penampil berbeda,” ujar Ons Untoro, Koordinator Sastra Bulan Purnama, Selasa (16/11/2021).

Penampil pada versi daring dalam seri poetry reading from home adalah Dhama Dove, seorang penulis novel. Petikan novel akan dibacakan oleh dua orang pemain teater di Yogyakarta, meski masih muda, tetapi memiliki intensitas dalam berteater. Mereka adalah Nunung Deni Puspitasari dan Anes Prasetyo.

Pertunjukan daring novel Kisah Kinasih karya Dhama Dove tidak hanya dibacakan, tetapi diramu dengan tarian gambyong oleh grup Pecinta Tari Nusantara ‘Asmaradana’ yang dipimpin Tara Nusantara.

Penari yang tampil Dhama Dove, Chandra Sari, Rini Kusumastuti, Talenta Wilwatikta, Patitis, Sendang Wangi, Tara Nusantara. Para penari yang tinggal di Surabaya, Bogor, Pekanbaru, Yogyakarta itu akan tampil bersama cara daring.

Ons Untoro menjelaskan, sebagai ruang ekspresi dan interaksi sekaligus sebagai ruang publikasi karya sastra, tidak hanya untuk puisi tetapi terbuka untuk novel dan kumpulan cerpen, termasuk karya sastra yang ditulis menggunakan bahasa daerah.

“Selama 10 tahun Sastra Bulan Purnama sudah lebih dari 50 karya sastra diluncurkan,dan lebih dari 100 penyair dan pembaca puisi termasuk musikalisasi puisi tampil,” ujarnya.

Dhama Dove sudah menulis sejumlah novel di antaranya Semburat Jingga Ungu, Senandung Noktah, Gema Melantun, Langkah Telanjang dan beberapa judul lainnya. Kisah Kinasih adalah novel terbaru yang terbit pertama November 2021. Semua novel Dhama Dove diterbitkan Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Dhama Dove, pernah mengeyam pendidikan D3 di Akademi Bahasa Asing di Yogyakarta, dan S1 diselesaikan di Universitas Nasional Jakarta, dan S2 dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

“Saya sangat senang menjalani sebagai penulis novel, sekaligus menjalankan peran sebagai seorang ibu dari dua orang anak” kata Dhama Dove. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini