nasirun-merespons-konser-reuni-sawung-jabo-dan-sirkus-barock-ke-dalam-lukisanTemu media dan mini konser Sawung Jabo dan Sirkus Barock di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. (muhammad zukhronnee muslim/koranbernas.id)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Nasirun Merespons Konser Reuni Sawung Jabo dan Sirkus Barock ke Dalam Lukisan

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Sawung Jabo bersama Sirkus Barock menghelat konser reuni Minggu (18/9/2022) malam ini di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY).


Konser berjudul Senandung Anak Wayang ini melibatkan Seniman Nasirun yang akan merespons lagu yang dibawakan Sawung Jabo ke dalam lukisannya. Seniman multitalenta Butet Kartaredjasa pun dijadwalkan hadir.


"Ini (Senandung Anak Wayang) adalah bagian trilogi yaitu Anak Wayang, Satu Langkah Sejuta Cakrawala dan Senandung Anak Wayang," kata Jabo kepada wartawan, Sabtu (17/9/2022), di Concert Hall TBY.

Senandung Anak Wayang Reunion, dari titelnya sudah barang tentu ini tidak hanya melibatkan para personel Sirkus Barock saja tapi juga para musisi dan seniman yang pernah bersentuhan, berproses, berkarya bersama Sirkus Barock.


"Ini menegaskan bahwa Sirkus Barock sebagai 'Ruang Kreatif yang Terbuka bagi siapa saja’ terbukti selalu konsisten dipegang oleh Sawung Jabo dalam proses perjalanan Sirkus Barock dari berdirinya sampai saat ini," lanjutnya.

Reuni ini, lanjut Jabo, tidak hanya pada personel-personel yang pernah bersentuhan dan berproses tetapi juga pada karya-karya yang akan dibawakan. Tentu saja dengan para apresian, penikmat dan penggemar musik-musik Sirkus Barock.

"Kami tidak membatasi berapa lagu, bisa 18, 24 atau 30, tergantung dialog dengan penonton. Kami ingin terjadi persenyawaan. Aransemen pun pasti baru, setiap pementasan kami selalu dengan aransemen baru," tambahnya.

Seperti biasanya dalam setiap pementasan Sirkus Barock akan menikmati dan melihat sebuah proses panjang dari hasil pengamatan, kontemplasi, perenungan dan pemikiran terhadap dinamika sosial, budaya dan politik yang ada di masyarakat. Semuanya diolah dalam karya-karya musikal.

Sirkus Barock mempunyai komitmen untuk selalu menghadirkan yang terbaik dan karya-karyanya bisa menjadi perenungan dan penyadaran bagi semua. Terutama pada saat ini di mana perubahan-perubahan dalam kehidupan masyarakat berjalan dengan sangat cepat dan tidak menentu.

"Semoga pula pementasan Sirkus Barock Senandung Anak Wayang ini bisa kita jadikan pegangan dan sebagai ruang kreatif yang luas tak berbatas. Hidup ini selalu bergerak menggelinding tanpa henti," kata dia.

Musisi-musisi Sirkus Barock kali ini yang akan tampil selain Sawung Jabo adalah, Suzan Piper (Vocal), Toto Tewel (Gitar), Joel tampeng (Gitar), Ucok Hutabarat (Biola), Bagus Mazasupa (Keyboard), Denny Dumbo (Perkusi), Ruben Kayon (Gitar), Tauhid Subarkah (Bass), Hasnan Hasibuan (Cello), Reza Achman (Drums), Alfred Maliola (Vokal), Bonita (Vokal).

Selain itu, juga didukung oleh penampilan para seniman, Butet Kartaredjasa, Nasirun, Eko Supriyanto, Agus (mBendol) Margiyanto, Djarot B Darsono, Hery Samsara, Iksan Skuter, Ragil dan Jhony Freedom. (*)


TAGS: Sirkus  Barock 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini