Kamis, 26 Mei 2022,


naik-kelas-umkm-kini-bisa-pameran-di-hotelGusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam X mengunjungi stand Yogya Small and Medium Enterprise (SME) Expo 2021 di Satoria Hotel Sleman, kemarin.(yvesta putu ayu/koranbernas.id)


Yvesta Putu Ayu Palupi
Naik Kelas, UMKM Kini Bisa Pameran di Hotel

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Potensi Usaha Kecil dan Mikro (UMKM) di DIY untuk kembali pulih pasca pandemi cukup besar. Sempat kolaps pada awal-awal pandemi, kini pelaku UMKM mulai berbenah diri untuk kembali berkarya dan menaikkan level kualitasnya.


"Kami mengajak pelaku umkm di diy untuk pameran di hotel. Ini baru pertama kali untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk kembali berkarya dan pulih dari pandemi," ungkap Ketua Yogya Small and Medium Enterprise (SME) Expo 2021, Zayanti Zaidir di Satoria Hotel Sleman, kemarin.


Menurut Zayanti, pameran tersebut digelar karena keresahan pelaku UMKM yang tak bisa mengembangkan usahanya selama pandemi. Karenanya pameran kali ini diharapkan menjadi suatu pencerahan agar UMKM kembali bangkit.

Pameran Yogya SME Expo 2021 menghadirkan 50 pelaku UMKM. Beragam produk kreatif hadir di setiap stan pameran mulai dari kuliner hingga beragam produk fesyen di hotel tersebut.


"Hampir duatahun kondisi pandemi membuat pelaku UMKM tiarap. Pameran ini diharapkan membuat roda perekonomian dapat terus berjalan,” paparnya.

Ditambahkannya, UMKM memiliki sistem pemasaran yang konsisten. Untuk itu dibutuhkan kerja ekstra agar prpduk-produk bisa dikenal khalayak publik. Teknik pemasaran diterapkan baik melalui pameran hingga promosi digital perlu terus dilakukan.

“Produk lokalnya tidak kalah dengan produk luar negeri, kualitas sangat bagus, punya produksi baik.Tapi kadang pemasaran belum terlalu bagus dan tidak punya tempat. Maka dari itu kami bertekad untuk mempromosikan bersama,” katanya.

Sementara Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam X yang hadir mendorong UMKM terus pulih. Sebab potensi produk yang dimiliki tidak kalah saing.

“Promosi dikemas dengan semenarik dan sedetil mungkin untuk menarik minat pembeli. Memanfaatkan teknologi internet untuk menawarkan produk andalan. Produk UMKM Jogjakarta itu potensinya sangat melimpah dan kualitasnya tidak kalah," paparnya. (*)


 


TAGS: #umkm 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini