Memperingati Hari Pelanggan, BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Kemudahan Layanan Jadi Prioritas

Memperingati Hari Pelanggan, BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Kemudahan Layanan Jadi Prioritas
Teguh Wiyono (tengah) ikut turun melayani peserta BPJS Ketenagakerjaan. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA--BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek memastikan kemudahan layanan menjadi prioritas. Ini sesuai dengan tema Hari Pelanggan Nasional 2023 yakni “Kemudahan Layanan, Prioritas Kami”. Tema ini mengacu pada semangat menghargai atas kepercayaan yang diberikan masyarakat atau peserta kepada BPJamsostek.

“Selain melayani peserta yang datang ke kantor cabang untuk pendaftaran atau pengurusan klaim, di sela kegiatan kami memberikan santunan secara simbolis kepada ahli waris atau ahli waris peserta yang berhak mendapatkannya,” ujar Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan DIY Teguh Wiyono, Selasa (5/9/2023).

Dalam keterangan tertulisnya, Teguh mengatakan, dalam rangkaian memperingati Hari Pelanggan nasional ini, pihaknya juga menyerahkan santunan akibat kecelakaan kerja kepada Siti Muslikhah ahli waris dari peserta BPJS Ketenagakerjaan, Muh Munif.

Total santunan yang diberikan kepada ahli waris sebesar Rp 124,8 juta dengan rincian Jaminan Hari Tua (JHT) Rp 9,1 juta, Jaminan Kematian (JKM) Rp 42 juta, Beasiswa Rp 73 juta dan Jaminan Pensiun (JP) Rp 688.840 (lumpsum). Juga ada santunan sementara tidak mampu bekerja (STMB) Rp 8,76 juta. “Total biaya pengobatan Rp 86,8 juta seluruhnya kami yang menanggung,” kata Teguh.

Seorang peserta BPJamsostek, Maria mengaku baru pertama kali datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta. Kebetulan kedatangannya bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, sehingga dirinya mengaku senang dan tidak menyangka mendapatkan pelayanan yang baik dari para petugas BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya pertama kali datang ke sini (BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta-red). Jujur saja saya takjub dengan pelayanannya. Saya senang sekali karena langsung disambut dengan ramah dan diberikan bingkisan dan suvenir menarik,” kata Maria dari Pelaosan.

Maria berharap pelayanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta pada Hari Pelanggan Nasional dapat terus dipertahankan, terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta.

Tidak hanya memberikan hadiah kejutan berupa bingkisan barang, pada kesempatan tersebut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta Teguh Wiyono juga berkesempatan langsung melayani peserta yang tengah mengajukan manfaat program.

Teguh yang mengenakan slempang bertuliskan Hari Pelanggan Nasional, menempati kursi pelayanan dan memberikan pelayanan kepada peserta.

“Dalam upaya ini, kami terus meningkatkan pelayanan. Kami akan terus berinovasi dan menyempurnakan proses demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Terima kasih telah bersama kami dalam membangun masa depan yang lebih cerah dan Sejahtera,” pungkasnya. (*)