Memajukan Brand Lokal Harus dengan Strategi Brilian

Kita perlu memahami perilaku konsumen secara detail.

Memajukan Brand Lokal Harus dengan Strategi Brilian
Diskusi "Bisnis Lebih Maju Jadi Juara" yang diselenggarakan oleh KiriminAja dan Plugo, Jumat (17/5/2024) di Antologi Collaborative Space Yogyakarta. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Era digital terus berkembang pesat, persaingan bisnis tak lagi terbatas pada lingkup lokal. Brand-brand lokal kini memiliki peluang untuk menembus pasar nasional, bahkan internasional. Namun, untuk meraih kesuksesan tersebut, diperlukan strategi yang matang dan eksekusi yang tepat sasaran.

Hal inilah yang menjadi pembahasan dalam acara Bisnis Lebih Maju Jadi Juara yang diselenggarakan oleh KiriminAja dan Plugo, Jumat (17/5/2024), di Antologi Collaborative Space Yogyakarta.

M Hidayat Rifai selaku Co-Founder & CEO CRSL, brand fashion lokal menguraikan strategi brilian yang digunakannya dalam mengembangkan usahanya. Yakni mulai dari memahami keinginan pasar hingga menciptakan produk yang unik dan berkualitas tinggi.

“Untuk menerapkan strategi brand dan marketing yang tepat, kita perlu memahami perilaku konsumen secara detail melalui customer persona dan mengetahui pain dan gain di bisnis kita agar bisa menyesuaikan karakter brand dengan target konsumen dan memajukan bisnis," jelasnya.

Loyalitas merek

Indah W Wardani sebagai Founder & CEO Ederra menambahkan pentingnya membangun hubungan erat dengan pelanggan. Selain itu, juga memanfaatkan kekuatan sosial media untuk meningkatkan awareness dan loyalitas merek.

Brand harus adaptif dengan tetap memegang nilai bisnis, mengikuti tren pasar untuk profit, dan sebagai pemilik bisnis, kita perlu kesiapan mental untuk tanggung jawab yang lebih besar seiring pertumbuhan bisnis yang bersifat maraton bukan sprint," ungkapnya.

Marketing Plugo, Furqanda Labarza Sr, yang bertindak sebagai moderator menambahkan diskusi interaktif tersebut menciptakan ruang bagi para pelaku bisnis online untuk saling berbagi pengalaman dan memperkuat jaringan mereka.

Kolaborasi antara KiriminAja dan Plugo merupakan langkah strategis mendukung pertumbuhan bisnis lokal di era digital. Ke depan akan ada lanjutan rangkaian event talkshow, webinar dan workshop bisnis yang dirancang untuk semakin memperkuat kemampuan para pebisnis lokal dalam menghadapi tantangan digital.

Menginsiprasi

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat membantu para pebisnis lokal memaksimalkan potensi mereka di ranah digital, mulai dari sosial media, e-commerce hingga website," jelasnya.

Acara Bisnis Lebih Maju Jadi Juara tidak hanya memberikan wawasan berharga bagi pemilik brand lokal, tetapi juga menginspirasi mereka untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk berkualitas yang mampu bersaing di pasar nasional.

Dengan strategi yang tepat dan eksekusi yang konsisten, brand lokal Indonesia berpotensi meraih kesuksesan yang lebih besar dan menjadi pemimpin pasar di industri masing-masing.

Sebelum memasuki acara inti, dilakukan pengenalan Brand KiriminAja dan Plugo yang oleh Izki Aldrin (Direktur Plugo Indonesia) dan Haryadi Syarif selaku CCO KiriminAja yang mengenalkan kepada khalayak yang hadir tentang Plugo dan KiriminAja.

KiriminAja dan Plugo merupakan dua bisnis yang melebarkan sayapnya di ranah bisnis digital. KiriminAja sebagai platform pengiriman barang dengan beragam pilihan ekspedisi terbaik di Indonesia menawarkan solusi pengiriman paket seperti COD, Non COD, Kargo, dan Instan bagi para pebisnis lokal.

Sedangkan Plugo sebagai Platform Manajemen Toko All-in-One bertekad membantu bisnis lokal memaksimalkan potensinya, baik secara online maupun offline, melalui berbagai program. Salah satunya adalah komunitas Seller Juara yang bertujuan mengembangkan bisnis UMKM. (*)