MAXStream Studios Menegaskan Posisinya di Industri Hiburan

Langkah ini sekaligus menandai sinergi Telkomsel dan IndiHome yang resmi bergabung.

MAXStream Studios Menegaskan Posisinya di Industri Hiburan
CO Executive Producer MAXStream Studios, Adityo Rengganegoro. (muhammad zukhronnee muslim/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA  -- MAXStream Studios, bagian dari Telkomsel, memperkuat posisinya di industri hiburan melalui rebranding besar-besaran yang diumumkan dalam perhelatan Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2024.

Langkah ini sekaligus menandai sinergi Telkomsel dan IndiHome yang resmi bergabung Juli 2023, dalam mengembangkan ekosistem konten kreatif.

Rebranding adalah penegasan posisi Telkomsel sebagai pembuat konten, bukan sekadar penyedia aplikasi streaming. Dengan MAXStream Studios, kami ingin menunjukkan keseriusan membangun ekosistem sinema lokal,” ujar Adityo Rengganegoro, CO Executive Producer MAXStream Studios, kepada wartawan, Kamis (5/12/2024).

Adityo menjelaskan MAXStream Studios kini menjadi payung besar bagi seluruh produksi konten Telkomsel, baik yang dibuat secara mandiri maupun melalui kolaborasi dengan mitra produksi.

Jaringan distribusi

Dengan jaringan distribusi yang mencakup lebih dari 150 juta pelanggan Telkomsel dan 9 juta pelanggan IndiHome, konten MAXStream Studios juga dapat dinikmati di platform lain seperti Netflix, Vidio dan Viu, hingga saluran IPTV dan bioskop.

Sebagai bagian dari rebranding, MAXStream Studios meluncurkan kampanye bertajuk Secinta Itu Sama Sinema yang fokus pada kompetisi film pendek. Tiga karya terpilih yaitu Tonton Sebelum Mati, Little Rebel Cinema dan Final Draft, telah diproduksi dan siap didistribusikan ke berbagai festival film, baik nasional maupun internasional.

“Melalui kompetisi ini kami mengajak kreator lokal untuk berkarya dan memperluas jangkauan cerita lokal ke audiens yang lebih luas. Ini adalah bentuk cinta kami terhadap sinema dan komitmen kami untuk mendukung talenta lokal,” tambahnya.

Pada tahun 2025, MAXStream Studios akan terus memperkuat strategi bisnisnya dengan mengintegrasikan kebutuhan pelanggan broadband dan mobile. Selain itu, perusahaan juga berencana meningkatkan kolaborasi dengan industri bioskop untuk memperluas aksesibilitas konten.

Mitra kreator

“Kami tidak hanya ingin menjadi platform digital, tetapi juga menjadi mitra strategis bagi kreator lokal dalam memperkuat sinema Indonesia di kancah global,” kata Adityo.

VP Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley V Simpson, memberikan pernyataan kompetisi ini tidak hanya mendukung sineas lokal, tetapi juga memberikan pengalaman baru bagi pelanggan Telkomsel.

“Kami pada akhirnya memilih tiga pemenang hari ini berkat kerja sama dengan MAXStream Studios. MAXStream Studios adalah salah satu platform yang kami bangun untuk membantu sineas Indonesia berkarya lebih baik,” katanya.

Lesley juga menambahkan, karya para sineas lokal akan mendapatkan banyak peluang distribusi. Produksi yang bekerja sama dengan MAXStream Studios akan ditayangkan di aplikasi MAXStream, IndiHome, hingga Garuda Indonesia.

Industri kreatif

"Kami ingin karya anak bangsa terus berjalan dan membawa pesan positif ke masyarakat. Telkomsel berkomitmen membangun industri kreatif bersama sineas lokal, dari menulis skrip hingga pengembangan talenta,” ujarnya.

Pada tahun 2025, MAXStream Studios akan terus memperkuat strategi bisnisnya dengan mengintegrasikan kebutuhan pelanggan broadband dan mobile. Selain itu, juga berencana meningkatkan kolaborasi dengan industri bioskop untuk memperluas aksesibilitas konten.

Dengan langkah ini, MAXStream Studios tidak hanya mempertegas posisinya di industri hiburan, tetapi juga berkontribusi mendorong pertumbuhan sinema lokal menuju pasar internasional. (*)