Masyarakat Membutuhkan Bantuan Cepat, Kepolisian Gunakan Call Centre 110

Layanan Call Center 110 merupakan layanan bebas pulsa yang disediakan Polri untuk merespons dengan cepat laporan masyarakat, terutama terkait gangguan keamanan dan ketertiban

Masyarakat Membutuhkan Bantuan Cepat, Kepolisian Gunakan Call Centre 110
Wakapolres Kebumen Kompol Faris Budiman. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN--Upaya memperkuat komunikasi antara masyarakat dan kepolisian, Polres Kebumen melakukan sosialisasi layanan Call Center Polri 110. Wakapolres Kompol Faris Budiman menekankan pentingnya langkah ini kepada personel. 

Sosialisasi call center 110 dilakukan secara massif, agar masyarakat lebih mengetahui serta memanfaatkan layanan tersebut. Melalui Call Center 110, masyarakat dapat dengan cepat menghubungi pihak kepolisian apabila terjadi gangguan Kamtibmas di lingkungan sekitar.

“Melalui kegiatan patroli maupun sambang ke masyarakat, personel diharapkan dapat terus menginformasikan keberadaan dan fungsi layanan Call Center 110. Ini adalah salah satu bentuk pelayanan prima kami kepada masyarakat,” kata Faris Budiman, Selasa (15/4/2025). 

Layanan Call Center 110 merupakan layanan bebas pulsa yang disediakan Polri untuk merespons dengan cepat laporan masyarakat, terutama terkait gangguan keamanan dan ketertiban. 

Ketika masyarakat menghubungi 110, operator akan menerima laporan dan mencatat informasi penting, seperti lokasi kejadian, jenis peristiwa, serta identitas pelapor.

Laporan itu akan diteruskan ke personel Polri terdekat melalui sistem yang terintegrasi. Sehingga anggota yang bertugas di lapangan dapat segera menuju lokasi, dan melakukan penanganan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang berlaku.

Diharapkan masyarakat semakin proaktif dalam melaporkan kejadian yang mencurigakan atau membahayakan lingkungan sekitar.

Call Center 110 memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya tersedia 24 jam setiap hari. Dengan layanan ini, Polri berharap masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk melapor saat menemukan atau mengalami gangguan keamanan.

“Semakin dikenalnya Call Center 110 oleh masyarakat, kami optimis kerja sama antara Polri dan warga akan semakin solid dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kebumen,” kata Faris Budiman. (*)