jokowi-sebut-penanganan-covid19-diy-terbaik-ini-tanggapan-sultan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Kamis (16/7/2020).(yvestaputu sastrosundjojp/koranbernas.id)


yvesta

Jokowi Sebut Penanganan COVID-19 DIY Terbaik, Ini Tanggapan Sultan

SHARE

KORANBERNAS.ID, JOGJA -- Kabar gembira bagi warga DIY. Presiden Joko Widodo menetapkan DIY sebagai daerah terbaik dalam penanganan COVID-19.

Bersama empat daerah lain seperti Bangka Belitung, Aceh, Sumbar dan Gorontalo, DIY dinilai mampu mengatasi kasus COVID-19 dengan baik. Hal ini didasarkan parameter dari gugus tugas penanganan COVID-19 nasional.

Mengetahui hal ini, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyampaikan rasa terimakasih. Namun keberhasilan tersebut disebut sebagai bentuk tanggungjawab daerah dalam menangani pandemi.

"Itu kan sebetulnya kewajiban semua propinsi dan kabupaten/kota bagaimana bertanggungjawab dengan baik," papar Sultan di Kompleks Kepatihan, Kamis (16/7/2020).

Menurut Sultan, DIY selama ini menempatkan masyarakat sebagai subyek alih-alih obyek dalam penanganan pandemi COVID-19. Dengan demikian muncul kesadaran mereka dalam mematuhi protokol kesehatan.

Masyarakat berpartisipasi aktif saat dalam menerapkan protokol kesehatan. Secara tidak langsung, hal itu meningkatkan kesadaran mereka untuk mematuhi aturan tanpa adanya perintah.

""RT/RW melakukan pendataan para pendatang dibantu Babinsa dan Kantibmas. Jadi meletakkan pada kepentingan pada masyarakat untuk bisa menjaga diri," tandasnya.

Sementara Sekda DIY, Baskara Aji mengungkapkan predikat tersebut selain menjadi penyemangat pemda juga menjadi tantangan untuk lebih bekerja keras agar lebih baik. Keberhasilan tersebut pun merupakan kolaborasi pemerintah kabupaten/kota hingga ke tingkat desa.

"Yang lebih penting bisa melibatkan masyarakat untuk bisa mandiri, masyarakat itu adalah subyek bukan obyek sehingga kesadaran itu penting," jelasnya.(yve)


Video Terkait:



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini