jadi-tantangan-kesehatan-global-lebih-dari-2-persen-anak-alergi-susu-sapiAsmirandah. (istimewa)


Siaran Pers
Jadi Tantangan Kesehatan Global, Lebih Dari 2 Persen Anak Alergi Susu Sapi

SHARE

KORANBERNAS.ID, JAKARTA--Angka kejadian dan risiko alergi, terutama yang dipicu dari makanan seperti tidak cocok susu sapi, masih sering dialami oleh anak berusia di atas 1 tahun di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Secara global, sekitar 240 – 550 juta orang berpotensi menderita alergi makanan, dimana kondisi alergi tidak cocok susu sapi merupakan salah satu tantangan kesehatan yang sering dialami sekitar sekitar 2-7,5% anak-anak.


Namun, masih banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa anaknya memiliki risiko alergi susu sapi, yang jika tidak ditangani dengan tepat dapat berdampak serius. Hal ini dikarenakan anak tidak mendapatkan nutrisi penting dari pembatasan konsumsi susu sapi yang menimbulkan gejala alergi, sehingga anak berisiko mengalami kekurangan asupan nutrisi dan bisa memengaruhi tumbuh kembangnya.


Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan alternatif nutrisi tepat, aman dan sama baiknya dengan susu sapi. Salah satunya formula berbasis isolat protein kedelai atau soya, yang telah difortifikasi untuk anak di atas 1 tahun.

Penting untuk diketahui, orang tua tidak perlu khawatir tentang mitos bahwa susu yang berbahan dasar soya tidak sebaik nutrisi dari susu sapi. Karena sejumlah penelitian telah membuktikan, bahwa pola pertumbuhan, fungsi metabolisme, endokrin, imunitas, sistem saraf, dan kesehatan tulang 4 , 5 dari anak-anak yang mengkonsumsi formula isolat protein soya, tidak berbeda secara signifikan dengan anak-anak yang mengkonsumsi susu sapi.


Selain itu, saat ini formula soya telah difortifikasi dari berbagai mineral dan vitamin, sehingga tetap dapat mendukung tumbuh kembang optimal anak yang tidak cocok susu sapi. Jadi, tumbuh kembang anak-anak yang mengonsumsi formula isolat protein soya sama baiknya dengan yang mengonsumsi susu sapi.

Artis Asmirandah mengatakan, sebagai ibu dengan anak yang tidak cocok susu sapi, dirinya sempat merasa khawatir tentang pemenuhan nutrisi dan tumbuh kembangnya. Sebagai orang tua, ia sering kebingungan akan pemenuhan nutrisi seperti apa yang cocok untuk anak yang tidak cocok susu sapi. Terlebih saat mendengar mitos-mitos terkait hal ini.

“Dengan kondisi seperti itu, saya dan suami tentunya menjadi lebih ekstra tanggap terhadap gejala yang muncul, rutin berkonsultasi dengan dokter, dan mengendalikan gejala tidak cocok susu sapi anak kami dengan konsumsi nutrisi alternatif yang tepat,” katanya.

Senior Brand Manager SGM Eksplor Soya, Renta Situmeang mengatakan, selama lebih dari 68 tahun, PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) melalui produk unggulannya SGM Eksplor, selalu mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia. Tidak terkecuali mereka yang memiliki kondisi tidak cocok susu sapi. Salah satunya melalui inovasi terbaru SGM Eksplor Soya, yang memiliki nutrisi sebaik susu sapi dengan kandungan DHA, IronC yaitu kombinasi unik zat besi & vitamin C, dan Isolat Protein Soya berkualitas serta difortifikasi dengan nutrisi penting lainnya untuk mendukung si kecil yang tidak cocok susu sapi tumbuh optimal.

Selain menyediakan inovasi produk berbasis formula isolat protein soya yang difortifikasi bagi anak yang tidak cocok susu sapi, Sarihusada juga terus mengadakan rangkaian program edukasi hingga kampanye kesehatan melalui Gerakan 3K+, yaitu Kenali, Konsultasikan, Kendalikan, serta Kembangkan dan mengasah potensi prestasi si kecil dengan stimulasi yang tepat, agar ia tumbuh optimal dan siap jadi anak generasi maju.

Guna mendukung lebih banyak lagi orang tua tanggap dalam menangani kondisi tidak cocok susu sapi pada si kecil yang berusia di atas 1 tahun agar tumbuh kembangnya tetap optimal, SGM Eksplor Soya mengajak para orang tua untuk ikut berbagi pengalaman unik tentang keaktifan dan keceriaan si kecil dengan melalui program “Bagikan Cerita Bunda #SoyaDukungAnakMaju”.

“Cerita paling menarik dari bunda dan si kecil yang telah diunggah di akun media sosial facebook dan instagram dengan hashtag #YakinPilihSGMEksplorSoya #SoyaDukungAnakMaju pada periode 1 Oktober 2022 hingga 30 November 2022, akan berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dari SGM Eksplor Soya. Info lebih lengkap di link https://genmaju.info/SoyaDukungAnakMaju,”pungkasnya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini