Integrasi Chatbot dan WhatsApp Mempermudah Pengelolaan Bisnis

Integrasi Chatbot dan WhatsApp Mempermudah Pengelolaan Bisnis

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA – Indonesia merupakan negara pengguna WhatsApp terbesar ketiga di dunia. Berdasarkan data Statista, jumlah pengguna whatsApp di Tanah Air mencapai 84,8 juta pengguna pada Juni 2021.

Begitu besarnya peran WhatsApp pada kehidupan masyarakat Indonesia, sehingga tidak heran apabila banyak bisnis yang menyediakan kontak WhatApp Bussiness untuk melayani customer.

Bagi perusahaan yang baru merintis bisnis, mungkin menjawab satu-dua pesan pelanggan bisa diatasi sendiri. Namun, hal tersebut menjadi masalah besar untuk perusahaan yang ingin melebarkan sayapnya.

Widya Wicara mengatasi masalah ini dengan menciptakan chatbot yang terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp. Dengan begitu para pemilik bisnis dapat fokus mengembangkan strategi penjualan tanpa harus kerepotan membalas pesan/pertanyaan sederhana yang ada dalam FAQ (Frequently Asked Questions).

Selain mempermudah operasional bisnis, memasang chatbot pada WhatsApp bisnis juga meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini karena 72% generasi milenial dan gen Z tidak memperdulikan siapa yang membalas pertanyaan atau keluhan mereka.

"Jawaban yang cepat, singkat, dan jelas adalah hal yang mereka butuhkan," kata Linawati selaku CEO dari Widya Wicara dalam keterangan tertulisnya kepada koranbernas.id  Senin (14/3/2022).

"Chatbot yang terintegrasi WhatsApp terbukti dapat memberikan jawaban yang tidak bertele-tele dalam waktu singkat pada beberapa pelanggan secara bersamaan. Pelanggan tidak perlu menunggu antrian chat yang panjang maupun mengalami miskomunikasi saat berbincang dengan Agen CS," paparnya.

Lina melanjutkan, Chatbot Widya Wicara dapat menjadi solusi sempurna karena dibangun dengan teknologi artificial intelligence (AI) dan Natural Language Processing (NLP).

Kedua teknologi berpadu untuk menghasilkan chatbot yang mampu memahami dan menganalisis input yang diberikan oleh pengguna, sehingga dapat memberikan jawaban yang relevan secara natural layaknya manusia biasa.

"Cara menyambungkan layanan WhatsApp Bisnis dengan Chatbot Widya Wicara ini cukup mudah. Anda hanya perlu menghubungi pihak Widya Wicara untuk mendapatkan chatbot AI ini, lalu meminta tim Widya untuk mengintegrasikannya pada WhatsApp Bussiness yang Anda miliki," lanjutnya.

“Dengan adanya Chatbot Widya Wicara semua perusahaan di Indonesia bisa menjawab kebutuhan konsumen dengan sangat cepat dan sangat efektif,” tutup Lina.(*)