Ekonomi Pulih, Hantaran Idul Fitri Banyak Diburu

Ekonomi Pulih, Hantaran Idul Fitri Banyak Diburu

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA -- Hampers, suvenir atau hantaran merupakan salah satu bisnis yang cukup memberikan peluang menjelang Lebaran kali ini. Di tengah pulihnya perekonomian, hantaran Idul Fitri semakin banyak diburu.

"Selama beberapa waktu ini sudah ada sekitar 300 pesanan hampers, termasuk untuk lebaran nanti," ujar Swanika Chandra, Pemilik @swan.sc di YAP Square, Rabu (13/4/2022).

Maraknya permintaan hampers karena saat ini hantaran suvenir sudah menjadi gaya hidup, baik bagi perseorangan  ataupun korporat.

Tak hanya saat Idul Fitri, beberapa acara perayaan khusus misalnya ulang tahun, lamaran, pernikahan, kelahiran bayi, hampers sering dipilih sebagai tanda kasih dari pemilik hajat kepada tamu undangan.

Begitu pula dengan layanan korporat, kini sudah menjadi hal yang umum, bagi perusahaan menggunakan produk hampers atau suvenir untuk membantu meningkatkan citra diri korporat dalam berbagai acara perusahaan. Misalnya corporate gathering, launching product, customer gathering, distributor gathering.

"Dalam event tertentu, misalnya saat menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Natal, kebutuhan akan suvenir atau hampers akan meningkat cukup signifikan," jelasnya.

Swanika menambahkan, melihat potensi pasar yang besar, dia berhasil memposisikan usaha miliknya hingga bertahan lebih dari sepuluh tahun di Yogyakarta. Berbagai kepercayaan dari customer silih berganti diterima oleh Swanika.

Bahkan tidak jarang, customer Swanika melakukan repeat order, untuk suvenir atau hampers berkala. Kini, setelah lebih dari sebelas tahun berkarya dengan label @swansouvenir.id, pada 1 April 2022, @swansouvenir.id resmi mengumumkan perubahan label menjadi @swan.sc.

Proses perubahan label atau rebranding dari @swansouvenir.id menjadi @swan.sc didorong oleh keinginan Swanika secara pribadi, untuk bisa menampilkan image atau citra baru dari label usaha miliknya. Label @swan.sc dirasa lebih segar, menarik, dan tentu saja harapannya lebih bisa mengena di hati pelanggan.

Selain itu, proses rebranding juga dilakukan untuk mendukung layanan atau performa tim dari @swan.sc menjadi lebih baik dan lebih maksimal bagi pelanggan selama ini.

"Proses rebranding telah dilakukan dengan memberikan giveaway dan menggandeng selebgram dengan tujuan agar penetrasi brand @swan.sc lebih cepat diterima oleh publik," paparnya.

Swanika menambahkan, @swan.sc memiliki berbagai jenis produk andalan yang dipasarkan. Beragam pilihan disediakan di sana, dengan beragam pilihan range budget tertentu.

Customer tidak perlu merasa khawatir atau bingung, ketika terhubung dengan admin, maka mereka akan langsung diberikan beberapa opsi yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang telah disampaikan terlebih dahulu.

Proses yang cepat, friendly, akomodatif dan tepat guna inilah yang menjadikan @swan.sc kembali dicari lagi oleh pelanggan pada lain kesempatan. Swanika selalu berharap @swan.sc bisa menjadi salah satu solusi atas kebutuhan hampers atau suvenir para pelanggannya.

Tidak jarang, beberapa customer datang hanya untuk melihat-lihat dahulu, belum terpikir untuk memutuskan suvenir apa yang akan dipesan. Customer bisa ngobrol dan diberikan masukan dari pihak tim @swan.sc, termasuk untuk menyelaraskan kebutuhan, budget dan keinginan customer sehingga terpilih hampers atau suvenir yang sesuai.

"Kami memperlakukan customer kami bukan hanya sebagai raja, tapi juga lebih ke arah teman," jelasnya. (*)