Minggu, 01 Agu 2021,


dukuh-potorono-menikah-melepas-ribuan-bibit-ikan-di-sungaiPasangan pengantn menebar ikan di sungai Potorono, Banguntapan Bantul, Jumat (11/6/2021) sore. (sariyati wijaya/koranbernas.id)


Sariyati Wijaya
Dukuh Potorono Menikah, Melepas Ribuan Bibit Ikan di Sungai

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Wajah Nur Rahmat Wicaksono (26 tahun) dan istrinya Sari Dwi Hartiwi (25 tahun) nampak sumringah saat melepas 1.000 ekor bibit ikan melem dan 10 kilogram ikan tawes di sungai Potorono, Banguntapan,  Bantul Jumat (11/6/2021) sore.


Dengan disaksikan Lurah Potorono Prawata dan Panewu Banguntapan, Fauzan Mu'arifin, keduanya bersemangat untuk melestarikan ekosistem sungai dan lingkungan sekitarnya.


"Untuk warga, jelas nanti kita juga akan himbau. Dalam artian menjaga kelestarian ekosistem sungai dan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama," kata Nur Rahmat yang juga Dukuh Potorono tersebut.

Pria yang menikah 30 Mei silam ini juga mengajak anak-anak turut serta melepas ikan. "Anak dilibatkan sebagai bentuk edukasi sejak dini. Menebar ikan merupakan kegiatan yang positif, karena dengan adanya penebaran bibit bibit ikan memperbarui ekosistem sungai kita," tambahnya.


Sementara Panewu Fauzan mengatakan, jika menebar ikan setelah menikah sifatnya himbauan.

"Itu sudah kami tuangkan dalam nawala Camat Banguntapan tahun 2019," katanya.

Tidak hanya pernikahan, namun juga untuk kegiatan yang lain misalnya acara khitanan anak. Tentu tujuannya adalah untuk melestarikan ekosistem sungai dan menjaga agar potensi sungai bisa dimaksimalkan.

"Nanti ikan akan menjadi produk unggulan di Banguntapan. Jadi mari kita bersama-sama menjaga sungai, termasuk menjaga agar tetap bersih dan tidak dipenuhi dengan sampah," kata Fauzan. (*)

 



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini