Selasa, 27 Okt 2020,


cegah-penyebaran-covid19-hasto-ajak-tingkatkan-ketahanan-keluargaKepala BKKBN, Hasto Wardoyo, ketika menghadiri Sosialisasi Program Bangga Kencana dan pencegahan Covid-19 berbasis keluarga di Kampung Flory, Beran, Tridadi, Sleman, Sabtu (12/9/2020). (istimewa)


Nila Jalasutra

Cegah Penyebaran Covid-19, Hasto Ajak Tingkatkan Ketahanan Keluarga


SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Memasuki masa kebiasaan baru, setiap perilaku anggota keluarga harus dapat beradaptasi untuk mencegah penularan Covid-19.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, mengatakan untuk mencegah penularan tersebut diperlukan upaya untuk memulihkan dan memperkuat ketahanan keluarga.

“Salah satu cara untuk memperkuat ketahanan keluarga adalah meningkatkan asah, asih dan asuh,” kata Hasto dalam acara Sosialisasi Program Bangga Kencana dan pencegahan Covid-19 berbasis keluarga di Kampung Flory, Beran, Tridadi, Sleman, Sabtu (12/9/2020) .

Peningkatan asah, asih dan asuh dalam keluarga, menurutnya, sebagai cerminan dari delapan fungsi keluarga, sehingga terwujud keluarga berkualitas yang ditandai dengan tentram, bahagia dan mandiri. Dalam masa pandemi, upaya anggota keluarga untuk dapat beradaptasi secara aktif dalam upaya pemutusan Covid-19 sangat penting.

“Keluarga merupakan unit sosial tak tergantikan dan lokus utama kehidupan individu. Bahkan keluarga menjadi ujung tombak dalam upaya pendidikan, baik formal maupun informal, dalam masa pandemi covid-19,” tambahnya.

Senada dengan Hasto, Bupati Sleman, Sri Purnomo, yang hadir dalam acara tersebut juga menegaskan pentingnya ketahanan keluarga dalam memutus penyebaran Covid-19. Menurutnya, komunikasi yang baik dalam keluarga perlu dibangun untuk saling menjaga dan memberikan pemahaman mengenai bahaya dan langkah antisipasi penanganan virus ini.

Sri Purnomo juga berharap, melalui keluarga upaya edukasi mengenai protokol kesehatan yang diterapkan sebagai kebiasaan baru dapat ditanamkan pada setiap individu dalam keluarga tersebut.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini dengan harapan dapat memberikan pemahaman bagi generasi muda dan masyarakat akan pentingnya ketahanan keluarga dalam memutus penyebaran Covid-19,” katanya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini