cegah-corona-ojol-dapat-bantuan-masker-dan-penyanitasi-tangan Penyemprotan desinfektan bagi kendaraan mitra pengemudi GrabBike Yogyakarta, Kamis (26/3/2020). (istimewa)


ronnee

Cegah Corona, Ojol Dapat Bantuan Masker dan Penyanitasi Tangan


SHARE
KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA - Sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah sejak 16 Maret 2020. Grab telah meluncurkan berbagai inisiatif untuk memerangi pandemik COVID-19 melalui gerakan KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai kota di seluruh Indonesia termasuk diantaranya wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Gerakan KitaVSCorona merupakan langkah awal kepada seluruh mitra pengemudi GRAB, layanan pengantaran, merchant dan karyawan Grab dalam memerangi pandemi COVID-19.

Sejak dimulainya wabah penyebaran virus COVID-19 pada bulan Desember, Grab Indonesia telah memonitor situasi dan mempersiapkan seluruh pihak Grab pada respon kami terhadap COVID-19. Brab Indonesia menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan, Mitra Pengemudi dan merchant kami sebagai prioritas utama dalam seluruh kegiatan operasional.

"Melalui upaya jaga jarak sosial yang aman dan efektif, kemitraan dari segi teknologi dan inisiatif edukasi, kami telah menerapkan langkah-langkah tegas untuk membatasi pandemi COVID-19 di Indonesia termasuk di Yogyakarta dan sekitarnya," ungkap Habdillah Anuraga, City Manager GrabBike Yogyakarta, Grab Indonesia, Kamis (26/3/2020).

Langkah selanjutnya, kita telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup seluruh rangkaian mitra kami di seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya,” lanjutnya.

Mitra Pengemudi dan pengiriman, lanjut Aga,  adalah tulang punggung platform Grab. Pihaknya telah mempersiapkan paket GrabCare untuk memberikan bantuan keuangan dan medis kepada mitra pengemudi Grab jika diantara mereka ditempatkan pada karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap COVID-19.

"Kami juga menyediakan posko siaga yang dilengkapi dengan alat untuk memeriksa suhu badan (thermal gun) bagi mitra pengemudi di Yogyakarta yang merasa kurang sehat dan ingin beristirahat sejenak," imbuhnya.

Selain itu dilakukan penyemprotan desinfektan bagi kendaraan mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar, juga dilakukan pembagian ribuan masker, pembersih tangan (hand sanitizers) dan vitamin bagi mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar di Yogyakarta yang berlangsung secara bertahap selama sepekan ke depan sesuai dengan protokol social distancing/jaga jarak sosial.

Aga menerangkan, pihaknya juga telah melakukan edukasi tentang pentingnya kebersihan makanan dan menyusun pedoman baru kepada para mitra merchant untuk mendorong penggunaan jaring rambut, masker bedah dan sarung tangan ketika menyiapkan hidangan, serta mencuci tangan secara teratur selama 20 detik dan melakukan penyemprotan desinfektan ke area kerja mereka secara teratur sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan.

"Selain itu, mitra pengantaran juga dihimbau untuk mencuci tangan mereka secara teratur, membersihkan tas GrabFood mereka secara berkala dengan cairan desinfektan, dan menerapkan metode pengantaran tanpa kontak setiap waktu," katanya.

“Kami berharap konsumen, mitra pengiriman dan mitra merchant Grab untuk terus saling menjaga dengan tetap waspada dan menerapkan praktik kebersihan yang baik. Kami akan memanfaatkan #KitaVSCorona untuk memastikan masyarakat Indonesia menerima informasi COVID-19 yang terkini dan andal untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.” pungkasnya.(yve)


TAGS:

SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini