atletatlet-berprestasi-diambil-klub-besarSenam artistik oleh Theresia Nadine Hartanto, pelajar kelas 3 SD Maria Purworejo, menandai Pembukaan Porkab di Alun-alun Purworejo, Minggu (21/7/2019). (w asmani/koranbernas.id)


asmani

Atlet-atlet Berprestasi Diambil Klub Besar


SHARE

KORANBERNAS.ID -- Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Purworejo Jawa Tengah, Muhamad Abdulah, merasa prihatin kabupaten ini hanya mampu membentuk bibit atlet.

Begitu menjadi atlet berprestasi mereka lantas diambil oleh klub-klub besar di Indonesia.


Baca Lainnya :

"Kita kehilangan dua atlet bulu tangkis, satu atlet renang dan beberapa atlet sepak bola," terang Abdulah di sela-sela pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Purworejo, Minggu (21/7/2019).

Dua orang atlet bulu tangkisnya diambil PB Jaya Raya Bandung dan PB Pelita Jaya Jakarta. Sedangkan atlet renang diambil oleh klub Ragunan Jakarta.


Baca Lainnya :

“Beberapa atlet sepak bola juga sudah diambil oleh klub-klub besar di Indonesia. Mereka mendapatkan uang pembinaan, sarana dan prasana gratis,” ungkapnya.

Abdullah berpendapat perlunya sekolah-sekolah di Purworejo memberikan kelonggaran bagi olahragawan agar bisa leluasa berlatih dan bertanding.

"Sekolah seharusnya membedakan perlakuan antara siswa atlet dengan siswa lainnya yang bukan olahragawan," kata dia.

Ke depan dia berharap para atlet memperoleh perhatian secara berkesinambungan, kontinu dan tidak terpotong.

Sekretaris Daerah (Sekda) Purworejo, Said Ramadhan,  membacakan sambutan Bupati Purworejo memberikan apresiasi kepada KONI Purworejo atas terselenggaranya Porkab.

"Dari ajang tersebut mampu melahirkan atlet-atlet berbakat dan berpotensi," ujarnya.

Porkab hendaknya jangan hanya menjadi agenda tahunan semata namun untuk pembibitan dan pembinaan olahraga secara konsisten.

Selain itu, Porkab juga untuk menjaring atlet-atlet potensial. Atlet akan dibina lebih lanjut dengan prestasi lebih baik lagi di tingkat propinsi dan event lainnya.

Menurut Bupati Purworejo, prestasi olahraga tidak bica dicapai secara instan melainkan berjenjang dari tahap terkecil.

KONI diharapkan mampu mengevaluasi pengembangan dan pembinaan agar atlet bisa semakin baik dan berprestasi.

Porkab  yang pertama kali diselenggarakan ini diikuti 16 kontigen kecamatan. Jumlah atlet 1.237 orang dan ofisial 234 orang.

Cabor sepak bola mulai dipertandingkan 12 Juli silam sampai 10 Agustus di lapangan 412 Purworejo.

Bola voley 1-10 Agustus di lapangan Kledung Kradenan,  catur 2-4 Agustus di SMP Muhammadiyah Purworejo dan bulutangkis 8-10 Agustus di gedung GSH Purworejo.

Cabor pencak silat 3-4 Agustus di Padepokan Menoreh Purworejo, tenis meja 3-4 Agustus di Auditorium UMP Purworejo, sepak takraw 27-28 Juli di Winong Lor Purworejo dan cabor basket 2-4 Agustus di lapangan CPM Purworejo. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini