Bank Mandiri Menargetkan Pertumbuhan Kredit 7 Persen

Bank Mandiri Menargetkan Pertumbuhan Kredit 7 Persen

KORANBERNAS.ID, JAKARTA--Bank Mandiri memasang target optimis pertumbuhan kredit perbankan sebesar 6-7 persen sepanjang 2021. Untuk mewujudkan target tersebut, Bank Mandiri fokus pada penajaman bisnis, seperti mengintegrasikan bisnis wholesale dan retail, untuk memaksimalkan potensi value chain pada ekosistem nasabah korporasi, mengakselerasi transformasi digital dengan pengembangan solusi digital, perbaikan proses, modernisasi channel, serta peningkatan kapabilitas core banking.

Untuk menjaga momentum sekaligus memenuhi tingginya ekspektasi nasabah dalam bertransaksi secara digital, bank ini juga konsisten melakukan inovasi dan transformasi digital di segmen wholesale.

Berbeda dengan layanan digital retail yang bersifat one fit for all, kebutuhan layanan segmen wholesale lebih bervariatif dan luas menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Saat ini, kebutuhan tersebut dilayani dengan multi produk/layanan yang diakses terpisah oleh nasabah wholesale.

Dalam rangka meningkatkan pengalaman nasabah dan merevolusi layanan transaksi digital bagi nasabah wholesale, Bank Mandiri menghadirkan layanan digital single access platform yang bertajuk Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri.

“Konsep single access yang diusung oleh Kopra by Mandiri membuat nasabah lebih praktis dan holistik dalam menjalankan aktivitas finansial dan pemantauan transaksi keuangan, efisien dan mudah mengakses informasi produk, serta memberikan kemudahan kontrol, alokasi dan monitoring funding, serta lending di level entitas maupun grup usaha,” tutur Panji Irawan, Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/10/2021).

Panji menjelaskan, Kopra by Mandiri merupakan layanan digital komprehensif, yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya secara end-to-end dari hulu ke hilir. Kopra by Mandiri ini dihadirkan sebagai pionir wholesale super platform di industri perbankan nasional yang menawarkan agregasi layanan digital untuk pelaku bisnis yang terbagi dalam tiga varian, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host dan Kopra Partnership.

Kopra Portal kata Panji, merupakan single access portal untuk memudahkan nasabah mengakses layanan portal digital existing, seperti Mandiri Cash Management (MCM) 2.0, Mandiri Financial Supply Chain Management (MFSCM), Mandiri Global Trade (MGT), Mandiri e-FX, Mandiri Smart Account (MSA), dan Mandiri Online Custody.

Konsep perbankan digital terintegrasi juga disediakan untuk para pelaku usaha dengan kompleksitas bisnis dan teknologi yang lebih maju, melalui solusi layanan Kopra Host-to-Host berbasis API (Application Programming Interface) atau teknologi komunikasi antar sistem bank dan nasabah.

Varian ini memudahkan nasabah dalam melakukan inisiasi, otorisasi, dan kontrol transaksi melalui sistem nasabah yang terhubung langsung dengan sistem bank untuk berbagai jenis model bisnis yang mereka miliki.

Adapun Kopra Partnership disiapkan untuk perluasan akses keuangan digital dan inklusi keuangan melalui kemitraan dengan pihak-pihak di luar yang memiliki kapabilitas sebagai business enabler pendukung layanan keuangan yang ada di pasar. Konsep sinergi ini akan meningkatkan kemampuan bank dalam memberikan solusi yang tepat, efisien, dan terintegrasi serta membantu pertumbuhan bisnis bagi ceruk pasar atau nasabah yang sangat spesifik, sampai dengan ekosistem hilir value chain yang didominasi nasabah segmen Small & Medium Enterprises. (*)