apbd-kabupaten-ini-belum-terserap-sesuai-targetRapat koordinasi Pengendalian Operasional Pembangunan, Jumat (25/10/2019). (istimewa)


nanang

APBD Kabupaten Ini Belum Terserap Sesuai Target

SHARE

KORANBERNAS.ID – Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengungkapkan penyerapan anggaran belanja langsung dan tidak langsung dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019 hingga triwulan ketiga belum mencapai target.

“Berdasarkan target penyerapan anggaran dan realisasi penyerapan anggaran terjadi deviasi sampai 24,44 persen,” ungkapnya pada rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Pembangunan dan Kegiatan (Rakor POP/K) tahap IV 2019, Jumat ( 25/10/ 2019).


Baca Lainnya :

Memasuki triwulan keempat penyerapan anggaran harus bisa pararel antara pelaksanaan kegiatan 2019 dan persiapan kegiatan 2020.

Pekerjaan tahun anggaran 2019 yang tinggal dua bulan masih menumpuk dengan indikasi data realisasi keuangan sampai dengan triwulan III sebesar 56,36 persen.


Baca Lainnya :

Ini tergolong masih rendah karena terdapat deviasi 24,44 persen dari target triwulan III. "Masih ada 43 persen lebih anggaran yang harus diserap dalam tempo kurang dari tiga bulan," kata Yazid.

Belajar dari pengalaman, menumpuknya pekerjaan pada akhir tahun terjadi akibat lambatnya start di triwulan I.

Pelaksanaan kegiatan tahun 2020 harus sudah dipersiapkan sejak 2019. Jika diperlukan proses persiapan pengadaan barang dan jasa harus sudah dimulai.

Begitu memasuki Januari 2020 sudah bisa dilakukan penandatanganan kontrak. Dengan demikian progres fisik sudah dapat dilaksanakan sejak awal tahun 2020.

Yazid meminta perangkat daerah melaksanakan kegiatan secara cepat dan tepat dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku.

“Tidak asal terserap namun meninggalkan catatan nanti saat diaudit,” ujarnya.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola pendapatan agar melakukan optimalisasi pendapatan dan menyajikan data.

Yazid juga meminta Bagian Pengadaan Barang dan Jasa mengawal proses tender mendahului penetapan anggaran.

Dia berharap awal Januari 2020 sudah dapat dilaksanakan penandatanganan kontrak bersama, sebanyak-banyaknya paket pekerjaan.

"Saya juga berharap pengendalian pembangunan kita semakin baik. Apalagi dengan dilantiknya wakil bupati," kata Yazid. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini