alasan-sri-mulyani-meminta-setiap-desa-punya-lumbung-panganSri Mulyani saat memimpin panen padi varietas Trisaksi di Desa Duwet Kecamatan Wonosari, Kamis (30/7/2020). (Masal Gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga

Alasan Sri Mulyani Meminta Setiap Desa Punya Lumbung Pangan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN--Kabupaten Klaten harus bisa mempertahankan diri sebagai lumbung pangan Jawa Tengah dan nasional. Karenanya, setiap desa diharapkan memiliki lumbung pangan desa, sehingga di saat terjadi krisis pangan petani masih memiliki cadangan pangan.

Demikian dikemukakan Bupati Hj Sri Mulyani saat melakukan panen panen padi varietas Trisaksi di Desa Duwet Kecamatan Wonosari, Kamis (30/7/2020).


Baca Lainnya :

Bupati menambahkan, padi varietas ini memiliki karakteristik tahan hama wereng dan berumur pendek yakni 75 hari. Pada kesempatan itu, bupati menyerahkan bantuan pupuk dan benih padi Trisaksi.

Varietas Trisaksi merupakan hasil inovasi Desa Duwet dan harus dikembangkan. Demplot padi ini agar dilanjutkan dan bibitnya dapat dikembangkan untuk ditanam serentak.


Baca Lainnya :

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Ir Widiyanti mengatakan, luas lahan pertanian di Kabupaten Klaten sekitar 72 ribu hektar. Di wilayah Kecamatan Wonosari sekitar 2 ribu hektar dan mampu mendukung swasembada pangan di Klaten.

Padi varietas ini, mampu menghasilkan 6 ton gabah basah, atau 5,2 ton habah kering giling untuk tiap satu hektar lahan sawah. (SM)

 




SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini