1500 Peserta Ramaikan Funbike Kenang Serangan Umum 1 Maret 1949

1500 Peserta Ramaikan Funbike Kenang Serangan Umum 1 Maret 1949

KORANBERNAS.ID, SLEMAN--Memperingati Hari Penegakan Kedaulatan Negara 1 Maret lalu, RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Sleman menggelar funbike dengan tema “Janur Kuning in Memorial”, Minggu (6/3/2022). Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dengan mengibaskan bendera start di Stadion Maguwoharjo.

Kegiatan ini diikuti oleh 1500 peserta. Seluruh peserta memulai start dari Stadion Maguwoharjo, lalu bersepeda menempuh jarak 7,5 km sebelum kembali finish di tepat yang sama. Tak hanya gowes, pada acara tersebut juga diadakan senam bersama dengan hadiah doorprize berupa sepeda motor.

Bupati Kustini, mengapresiasi RAPI Sleman selaku pihak pelaksana kegiatan tersebut. Diharapkan dengan adanya funbike ini, masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga kebugaran tubuh, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Di samping itu, sekaligus untuk mengenang pahlawan yang telah merebut serta mempertahankan kemerdekaan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” kata Kustini.

Ketua RAPI Sleman, Untung Sukaryadi menjelaskan, acara ini merupakan representasi dari ekspresi kegembiraan masyarakat Yogyakarta, khususnya Sleman. Sebab, peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 yang terjadi di Yogyakarta telah ditetapkan sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara melalui Keputusan Presiden Nomor 2 Tahun 2022. Dikatakan pula bahwa acara tersebut mengusung slogan “Dari Jogja, NKRI Tetap Berdaulat”.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk mengenang jasa Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebagai inisiator Serangan Umum 1 Maret 1949,” jelas Untung. (*)