harganya-sangat-tinggi-kayu-sonokeling-jadi-sasaran-pencuriKasat Reskrim Polres Purworejo AKP Agil Widyas Sampurna, SIK MH menunjukkan barang bukti gergaji dan gelondongan kayu sonokeling. (w asmani/koranbernas.id)


W Asmani

Harganya Sangat Tinggi Kayu Sonokeling Jadi Sasaran Pencuri

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Sonokeling merupakan salah satu jenis kayu langka. Selain ulet dan keras juga tahan cuaca. Di pasaran harga jualnya sangat tinggi. Kayu ini juga diminati pasar luar negeri.

Tergiur keinginannya mendapatkan uang, S (59) warga asal Desa Kaligondang Kecamatan Pituruh Purworejo Jawa Tengah nekat mencurinya.


Baca Lainnya :

Begitu mendapatkan sasaran, S menjalankan aksinya Senin (22/7/2020) malam di hutan Perhutani kawasan Desa Somogede Kecamatan Pituruh. Berbekal peralatan gergaji dan tali tambang dia berhasil mengangkut kayu hasil curian ke mobil pikap L 300.

Aksi kejahatan itu diketahui Purwanto, mandor sadap yang rumahnya tidak jauh dari lokasi kejadian. Purwanto langsung melapor ke pihak berwajib.


Baca Lainnya :

Tidak lama kemudian pelaku berhasil ditangkap saat berada di atas gelondongan-gelondongan kayu yang berhasil ditebangnya. Barang bukti berupa tujuh kayu sonokeling beserta peralatan diamankan polisi.

Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Agil Widyas Sampurna SIK MH, Selasa (28/7/2020), di Mapolres Purworejo menyatakan pelaku dijerat Pasal 82 ayat (1) huruf b Undang-undang RI nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

“Sekarang pelaku kami tahan di Polres Purworejo dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun penjara," ungkapnya. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini