Rabu, 02 Des 2020,


warisan-budaya-menginspirasi-fashion-modernDesain fashion karya Muchlis Fachri memadukan warisan budaya dengan modernitas bersama Hardware. (istimewa)


Yvesta Putu Ayu Palupi

Warisan Budaya Menginspirasi Fashion Modern


SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Modernitas fashion dan nilai eksotik budaya menjadi inspirasi kolaborasi antara Hardware dan Muchlis Fachri atau yang lebih dikenal dengan Muklay. Warisan Budaya, adalah tema dari kolaborasi yang dipilih sebagai acuan pemilihan karakter yang diilustrasikan ulang oleh Muklay dalam bentuk pop art visual.

Ada beberapa karakter yang dipilih yaitu Burung Merak, Gunungan, Bagong dalam tokoh wayang Punakawan, Bhatara Gana, Garuda Wisnu Kencana, Barong, Topeng Tari Malangan dan Cepot tokoh wayang golek dari tanah Sunda. Visualisasi pop art warisan budaya Indonesia ini dituangkan ke dalam desain produk fashion yang bervariasi mulai dari produk T-Shirt, sweatshirt, dan jaket hoodie.


Baca Lainnya :

    “Produk fashion hasil kolaborasi ini diproduksi oleh Hardware Clothing menggunakan bahan premium yaitu cotton combed 20s yang dibuat dari benang premium untuk kaos sehingga jika disentuh bahan terasa tebal namun nyaman dan ringan dipakai meski cuaca panas,” ujar Urfina Almira Yasmine, Marketing Communication Supervisor Hardware dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/11/2020).

    Bahan furake card lafer digunakan untuk memproduksi produk sweatshirt dan jaket hoodie cukup tebal namun nyaman untuk dipakai. Semua ilustrasi pop art disablon menggunakan tekhnik premium discharge. Kualitas gambar tahan lama dan, hasil sablon lembut.


    Baca Lainnya :

      Karakter-karakter warisan budaya yang diilustrasikan oleh Muklay menggunakan teknik pop art tanpa menghilangkan karakter dan ciri khas dari karakter itu sendiri, serta menggunakan warna-warna yang eksentrik andalan karya seni Muchlis Fachri.

      “Tema warisan budaya dipilih sebagai salah satu upaya dalam melestarikan identitas dan nilai-nilai budaya Indonesia dari sisi industry fashion,” jelasnya.

      Menurut dia, modernitas adalah sesuatu yang tidak terelakkan dengan adanya perkembangan sosial dan semakin menipisnya batasan informasi. Namun modernitas juga bukan pembenar untuk melupakan budaya asli Indonesia.

      “Pelestarian budaya perlu dilakukan dengan mengkombinasikan modernitas dengan warisan budaya yang kita punya. Yakni melalui akulturasi yang bisa menghasilkan kreativitas seni dan produk,” ucapnya.

      Produk hasil kolaborasi antara Hardware Clothing dan Muklay bisa didapatkan di toko-toko terpilih seperti Hardware Botani Square Bogor, Hardware Paragon Mall Semarang, Hardware Ambarrukmo Plaza Yogyakarta, Hartono Mall Yogyakarta, Hardware Malang Town Square, Hardware Galaxy Mall Surabaya, Hardware Mall Ratu Indah, dan Hardware Q Mall Banjarbaru.

      Selain offline store, produk kolaborasi ini juga tersedia online di website www.hardwareclothing.id, Shopee dan Zalora. Hardware Clothing adalah merek lokal sejak 1998 dan saat ini memiliki lebih dari 30 toko di seluruh Indonesia dan online store, berkolaborasi dengan Muchlis Fachri seorang seniman visual pop art yang sudah mulai berkarya sejak duduk di bangku SMA. Melalui karya seninya Muklay sudah berkolaborasi dengan banyak brand. (*)



      SHARE
      '

      BERITA TERKAIT

      Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

      Tulis Komentar disini