Jumat, 23 Okt 2020,


sunartono-jangan-mencurigai-pmi-tidak-netralKetua PMI Cabang Sleman, Sunartono. (nila jalasutra/koranbernas.id)


Nila Jalasutra

Sunartono: Jangan Mencurigai PMI Tidak Netral


SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Ketua PMI Cabang Sleman, Sunartono, menegaskan dalam melaksanakan kegiatannya PMI selalu mengedepankan tujuh prinsip kegiatan kepalangmerahan. Tujuh prinsip itu adalah, kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan. Dengan menjalankan ketujuh prinsip tersebut, kepercayaan masyarakat yang merupakan aset berharga PMI, dapat dijaga dengan baik.


Baca Lainnya :

“Ke tujuh prinsip PMI itu adalah penjaga kepercayaan masyarakat, penjaga kredibilitas organisasi PMI dan gerakan kepalangmerahan,” kata Sunartono di kantor PMI Cabang Sleman,  Selasa (28/7/2020).

Menurut Sunartono, dalam rangka menjalankan tujuh prinsip kegiatan PMI tersebut maka pihaknya menegaskan bahwa PMI bersikap netral, tidak berafiliasi dalam golongan apapun. PMI melayani semua pihak dan apa yang dilakukan PMI sifatnya terbuka dan siapapun boleh datang ke PMI.


Baca Lainnya :

"Siapa saja boleh tanya dan mengakses minta tolong PMI, pasti akan dilayani," kata Sunartono seraya menambahkan kalau ada pihak lain yang menganggap PMI tidak netral, itu tidak benar.

Saat ini, lanjut Sunartono, PMI Sleman tetap konsen melayani masyarakat yang membutuhkan, terutama masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Sunartono mencontohkan, bila ada salah satu partai akan mengadakan kegiatan donor darah dan mengajak PMI, maka akan dilayani.

Untuk itu dalam mewujudkan salah satu program ke tujuh PMI, maka semua karyawan maupun pengurus PMI ditegaskan harus netral tetapi tetap profesional. Sebab masalah kenetralan ini, rambu-rambu PMI sudah jelas.
"Kalau ada pengurus atau karyawan PMI yang menjadi kader atau tim sukses dari calon yang maju dalam Pilkada, saya persilahkan istirahat untuk tidak terlibat dalam kegiatan kepalangmerahan. Hal ini dimaksudkan untuk tidak membatasi hak politik karyawan maupun pengurus PMI," tutur Sunartono.

Sunartono menegaskan, dalam kegiatan resminya PMI Sleman jika mengundang pejabat pasti yang diundang Bupati, Wakil Bupati dan Sekda. Yang terjadi belakangan ini, PMI sleman tidak mengundang siapapun pejabat Sleman.  Namun jika dalam suatu kegiatan ada pejabat yang datang, itu atas inisiatif pejabat yang bersangkutan, bukan diundang PMI.

Sunartono juga mengungkapkan, PMI harus bermitra dengan pemerintah dan ini sesuai dengan anggaran dasar PMI harus bermitra. "Keberpihakan PMI bukan pada calon-calon pemimpin daerah tetapi pada kemanusiaan. Karena itu saya berharap jangan mencurigai PMI tidak netral," kata Sunartono. (eru)


TAGS: PMI  sleman  netral 

SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini