riset-tahun-2007-tolak-angin-cair-mampu-tingkatkan-daya-tahan-tubuhIrwan Hidayat dengan produk herbal Tolak Anginnya. (istimewa)


Redaktur

Riset Tahun 2007, Tolak Angin Cair Mampu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

SHARE

KORANBERNAS.ID, SEMARANG—PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, terus melakukan riset atau penelitian terkait manfaat Tolak Angin bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu hasil penelitian yang dilakukan, produk ini diketahui mampu meningkatkan sel-T di dalam tubuh.

Penelitian dilakukan oleh Lembaga penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, tahun 2007 lalu. Penelitian yang dipimpin Prof dr Edi Dharmana M.Sc, Ph.D selaku Ketua Lembaga, terfokus pada upaya menguji manfaat produk Tolak Angin Cair.


Baca Lainnya :

    Hasilnya, minum Tolak Angin dua sachet dalam sehari setiap hari terbukti meningkatkan sel-T yang merupakan indikator daya tahan tubuh.

    “Sel-T sangat penting untuk ketahanan tubuh terhadap penyakit. Berdasarkan hasil penelitian yang saya lakukan, Tolak Angin terbukti dapat meningkatkan sel-T dan fagositosis yang sama dengan tujuan vaksin, yaitu meningkatkan sel-T khusus, sesuai dengan vaksinnya. Maka dari itu, sebelum vaksin COVID-19 ditemukan, tidak ada salahnya minum produk ini sesuai anjuran untuk menjaga imunitas tubuh. Saya sendiri juga minum selama pandemi ini. Dulu saya penderita infeksi tenggorokan kronis (faringitis), saya juga sering meriang. Saya coba minum Tolak Angin Cair dan makan permennya. Hasilnya meriang saya sembuh dan faringitis jadi jarang kumat,” kata Prof Edi, sebagaimana rilis yang dikirimkan Sido Muncul, Senin (27/7/2020).


    Baca Lainnya :

      Melansir Wikipedia, Sel T atau limfosit T adalah kelompok sel darah putih yang memainkan peran utama pada kekebalan seluler. Sel T mampu membedakan jenis patogen dengan kemampuan berevolusi sepanjang waktu, demi peningkatan kekebalan setiap kali tubuh terpapar patogen. Hal ini dimungkinkan, karena sejumlah sel T teraktivasi menjadi sel T memori dengan kemampuan untuk berproliferasi dengan cepat untuk melawan infeksi yang mungkin terulang kembali.

      Terkait hal ini, Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengatakan, pihaknya akan penelitian lebih lanjut terhadap sel-T yang dapat ditingkatkan setelah mengonsumsi Tolak Angin.

      “Saya akan melanjutkan penelitian ini, untuk mencari tahu apakah sel-T yang meningkat setelah mengonsumsi Tolak Angin, juga bermakna untuk ketahanan tubuh terhadap Covid-19,” jelasnya. (*/SM)

       


      TAGS: herbal  tolah  angin  undip 

      SHARE

      BERITA TERKAIT

      Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

      Tulis Komentar disini