Kamis, 21 Okt 2021,


raih-perunggu-putri-babel-tuntaskan-dendam-atas-dki-jakarta-Babel meraih kemenangan 3-0 atas tim putri DKI Jakarta, Senin (11/10/2021) siang, di Stadion Katapal Merauke dan memastikan perunggu PON XX Papua. (rosihan anwar/koranbernas.id)


Rosihan Anwar
Raih Perunggu, Putri Babel Tuntaskan Dendam atas DKI Jakarta

SHARE

KORANBERNAS.ID, MERAUKE -- Tim putri Bangka Belitung (Babel) sukses menuntaskan dendam mereka atas DKI Jakarta. Pada laga perebutan peringkat ketiga, Senin (11/10/2021) siang, di Stadion Katapal Merauke, Huci Helyani cs menundukkan tim putri DKI Jakarta tiga gol tanpa balas.


Bagi pelatih Babel, Fila Hadianto, perjuangan anak asuhnya sungguh luar biasa. Fila pun merasa puas atas kemenangan 3-0 karena berhasil membalas kekalahan tipis 0-1 di penyisihan grup A.


"Kami mengucapkan syukur atas kemenangan ini. Semua ini berkat doa masyarakat dan juga dukungan dari media," ujar dia.

Pada laga yang dimulai pukul 07:30 WIT, pelatih Babel melakukan perubahan formasi yang terbilang radikal. Salah satu terobosan jitu yang dilakukan Fila, di antaranya menempatkan striker Vivi Oktafiariski sebagai bek.


Tak hanya itu saja. Barisan gelandang diubah untuk mengantisipasi sejumlah pilar yang cedera. Fila pun menempatkan Susilawati, yang posisinya sebagai sayap, menjadi striker tunggal.

"Kami memang sengaja menempatkan Vivi sebagai stopper karena untuk mengantisipasi serangan dari pemain cepat DKI Jakarta. Seperti si Nenes (Viny Silfianus)," ungkap dia.

Fila menyebutkan, Vivi Oktafiariski juga terbiasa bermain bek saat membela timnas putri Indonesia. Taktik itu juga sempat dicoba ketika menghadapi tuan rumah Papua.

"Kebetulan Vivi dan Ade (Mustikiana) biasa dimainkan sebagai stopper sewaktu di timnas. Jadi, memang cara ini kami lakukan," tutur dia.

Lebih baik

Akhsanul Viddin, asisten pelatih DKI, mengakui keunggulan tim putri Babel. Menurut Akhsanul, perjuangan anak-anak DKI Jakarta sudah maksimal.

"Perjuangan anak-anak memang sudah maksimal. Lawan memang lebih baik pada hari ini," ungkap dia.

Shalika Aurelia Viandrisa, bek tangguh DKI Jakarta, tak mencari alasan atas kekalahan timnya. Shalika mengakui keunggulan Babel di hampir semua lini permainan.

"Bagi kami kalah menang adalah hal yang biasa, dan saya akui Babel lebih baik dari kami hari ini," ujarnya.

Tim putri Babel membuka keran gol lewat aksi Firanda yang memanfaatkan blunder kiper DKI Jakarta pada babak pertama. Di babak kedua, dua gol kembali tercipta masing-masing oleh Firanda dan Nadila. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini