PT Hyundai Motors Indonesia Memperkenalkan Inovasi Aftersales

‘Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin’ memberikan layanan servis menyeluruh dan berbagai keuntungan lebih bagi pelanggan.

PT Hyundai Motors Indonesia Memperkenalkan Inovasi Aftersales
Hyundai SANTA FE yang mencuri perhatian. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) terus meningkatkan komitmennya memberikan layanan aftersales terbaik dan menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima.

Komitmen ini ditunjukkan dengan menghadirkan Hyundai Bluelink dan program Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin yang memberi rasa aman dan nyaman bagi konsumen di seluruh Indonesia.

Inovasi aftersales ini juga dapat dirasakan oleh para pelanggan di Yogyakarta dalam mendukung petualangan menemukan keindahan alam dan budaya di Kota Pelajar sekaligus pusat pariwisata.

Fransiscus Soerjopranoto selaku Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia, mengatakan melihat kondisi industri yang dinamis secara keseluruhan, Hyundai yang memiliki visi Progress for Humanity berkomitmen memberikan kemajuan untuk masyarakat Indonesia.

“Salah satunya dengan memperkenalkan produk baru di pasar otomotif. Produk ini terdiri dari PALISADE XRT yang baru saja dikenalkan dan electric vehicle yaitu all-new KONA Electric untuk meningkatkan ketertarikan pasar di mana pelanggan sudah bisa pre-booking sejak awal Juni lalu,” ujarnya, Rabu (12/6/2024).

Layanan Aftersales Hyundai. (istimewa)

Pada acara Online Media Deep Dive yang diikuti oleh jurnalis dari sejumlah daerah di Indonesia antara lain Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, lebih lanjut Fransiscus Soerjopranoto menyampaikan Hyundai juga turut memberikan layanan menyeluruh dan komprehensif kepada pelanggan dengan layanan aftersales yang termasuk di dalamnya ada Hyundai Bluelink dan Hyundai Hadir Untukmu, Hyundai Jaga dan Hyundai Jamin.

“Tentu, layanan aftersales ini hadir sebagai respons Hyundai yang menjawab kebutuhan pelanggan,” kata Frans, panggilan akrabnya.

Turut mendampingi, Wahyu Kusuma Danny selaku Head of Product & Corporate Strategy Hyundai Motors Indonesia, Suprayetno (Head of Planning & Strategy After Sales Service HMID), Thomas Sigit Pamungkas (Head of Sales & Planning Strategy HMID) serta Budi Nur Mukmin selaku Chief Marketing Officer HMID.

Untuk mendukung kenyamanan perjalanan dalam menikmati pengalaman liburan yang tiada habisnya, lanjut Frans, warga Yogyakarta dapat menggunakan Hyundai Bluelink yang memungkinkan pengguna mengendalikan fungsi-fungsi kendaraan dari jarak jauh. “Bahkan, Hyundai Bluelink juga mampu membantu pengguna merespons aksi pencurian mobil dengan lebih cepat,” kata dia.

Dijelaskan, Hyundai Bluelink memiliki fitur Stolen Vehicle Notification yang memberi notifikasi di HP saat ada upaya buka paksa mobil. Stolen Vehicle Tracking akan melacak mobil lewat informasi lokasi dan rute yang dilalui. Stolen Vehicle Immobilization akan menghentikan mobilisasi kendaraan secara total setelah permintaan terverifikasi oleh Hyundai Call center.

Kendaraan tetap prima

Setelah diperkenalkan pada International Indonesia Motor Show (IIMS) 2023, Hyundai Hadir Untukmu kini dikembangkan dengan menawarkan dua pendekatan.

Pertama, Hyundai Jaga hadir memberikan berbagai layanan untuk menjaga kondisi kendaraan. Kedua, Hyundai Jamin hadir menjamin ketenangan bagi pelanggan selama memiliki kendaraan. Hyundai Jamin sebelumnya dikenal dengan Hyundai Owner Assurance Program dan hanya berlaku bagi pengguna Hyundai STARGAZER (termasuk STARGAZER X) dan Hyundai CRETA (termasuk CRETA Alpha), namun kini diperluas ke IONIQ 5 dan IONIQ 6.

Hyundai juga konsisten berinovasi untuk menghadirkan layanan aftersales yang lengkap melalui Hyundai Jaga. Layanan ini meliputi garansi dasar, gratis biaya jasa perawatan, gratis suku cadang, gratis 24 jam Roadside Assistance, hingga ketersediaan Hyundai Genuine Accessories.

Adapun detail layananya sebagai berikut:

1. Service @myHyundai menghadirkan akses layanan servis yang semakin mudah, mulai dari booking hingga pembayaran. Fitur-fitur di Service @myHyundai meliputi Service Reminder, Booking Service, Service Payment, Service Process, dan Service History. Pelanggan juga bisa melakukan pembelian aksesori lewat menu Genuine Accessories.

2. Mobile Service sebagai layanan perawatan berkala dan servis kendaraan yang bisa langsung datang ke lokasi. Layanan ini bertujuan untuk melayani pemilik kendaraan yang tidak dapat langsung datang ke dealer. Hyundai kini telah menyediakan 90 unit kendaraan Mobile Service yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. Mobile Charging Service, yaitu layanan darurat pengisian daya kendaraan listrik Hyundai yang dapat dihubungi melalui 0 800 1 878 8784. Body & Paint Service yang dimiliki Hyundai melalui jaringan bengkel Body & Paint dengan jangkauan yang luas dan dapat ditemukan di Authorized Body & Paint Workshop dan Appointed Body & Paint Workshop.

5. Booking Service, yaitu pemesanan layanan servis kendaraan Hyundai yang dapat dimulai dengan mengisi data dan informasi pada website resmi Hyundai.

6. Garansi Dasar selama 3+1 tahun atau 100.000 Km (mana yang tercapai lebih dulu).

7. Gratis biaya jasa perawatan selama 5 tahun atau 75.000 KM (mana yang tercapai lebih dulu).

8. Gratis suku cadang untuk perawatan berkala selama 3+1 tahun atau 60.000 KM (mana yang tercapai lebih dulu).

9. Ketersediaan Hyundai Genuine Accessories yang terdiri dari 12 item aksesoris.

Informasi produk

Selain itu, menurut Frans, Hyundai juga menyediakan layanan Call Center 24 jam yang mencakup Layanan Darurat Roadside Assistance, Informasi dan Lokasi Dealer, Informasi produk dan promosi, Informasi dan reservasi servis, Reservasi Mobile Service, Informasi dan dukungan Bluelink dan MyHyundai, serta memberikan bantuan atas keluhan produk dan layanan.

“Para calon pembeli mobil kerap memikirkan harga jual kembali dari kendaraan incarannya di masa depan. Hyundai memahami bahwa resale value guarantee penting bagi konsumen dalam menikmati pengalaman kepemilikan kendaraan yang maksimal,” ungkapnya.

Untuk itu, Hyundai Jamin hadir menawarkan manfaat resale value guarantee dan ragam nilai tambah lainnya. Hyundai Jamin meliputi Jamin ganti mobil baru, Jamin harga jual 70 persen, Jamin pelunasan cicilan, Jamin biaya medis konsumen, dan Jamin penggantian biaya ban. Ragam manfaat ini sebelumnya hanya dapat dinikmati pengguna CRETA dan STARGAZER, namun kini cakupannya semakin luas untuk pemilik IONIQ 5, IONIQ 5 Batik dan IONIQ 6.

Dalam kesempatan itu Frans menjelaskan kehadiran Hyundai Jaga dan Hyundai Jamin di Yogyakarta semakin melengkapi pengalaman kepemilikan lini kendaraan Hyundai yang telah memenuhi permintaan konsumen Yogyakarta di berbagai segmen, mulai dari MPV, SUV hingga EV.

Di segmen MPV, Hyundai hadir dengan salah satu produk andalannya, STARGAZER, yang terus menerima animo tinggi dari konsumen, khususnya untuk trim Prime. STARGAZER Prime mengusung fitur mumpuni seperti interior lapang nan estetis dengan Ambient Mood Light, kenyamanan berkendara dengan Cruise Control dan Electric Parking Brake, hingga fitur keamanan terdepan dari Hyundai SmartSense.

Mencuri perhatian

Lalu, di segmen SUV, salah satu model yang mencuri perhatian adalah SANTA FE yang terkenal dengan performa yang efisien, gesit dalam bermanuver, kemewahan di dalam kabin, serta desain yang premium. SANTA FE pun dilengkapi Hyundai Bluelink dan Hyundai SmartSense yang menawarkan kenyamanan dan keamanan lebih bagi pengendara dan seluruh penumpang.

Tak lupa, Hyundai juga terus mendorong segmen EV di dalam negeri sebagai pemimpin elektrifikasi industri otomotif Indonesia. Peran tersebut terbukti dengan kehadiran IONIQ 5, EV pertama yang diproduksi di Indonesia. IONIQ 5 pun menjadi salah satu EV terlaris di Indonesia berkat desain yang futuristis dan fitur-fitur canggih seperti Vehicle-to-Load (V2L), Electric-Global Modular Platform (E-GMP) yang menciptakan kabin yang luas, serta jarak tempuh andal hingga 481 km.

Sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen atas respons luar biasa terhadap produk-produk Hyundai, Frans menambahkan, Hyundai konsisten mengadakan inisiatif untuk memberikan keuntungan lebih bagi pelanggan di tiap pengalaman bersama Hyundai.

Kali ini, Hyundai menghadirkan program Roda Keberuntungan yang menawarkan promo menarik. Konsumen berkesempatan untuk memenangkan IONIQ 6 dengan melakukan pembelian STARGAZER, STARGAZER X, CRETA, PALISADE, SANTA FE, STARIA, IONIQ 5, atau IONIQ 6. Hyundai menyediakan sebanyak total 12 unit IONIQ 6 yang akan diberikan kepada pelanggan melalui undian lucky draw. (*)