Selasa, 15 Jun 2021,


prajurit-kodim-0708-purworejo-donor-darah-untuk-stok-pmi-selama-ramadan-hingga-lebaranProses donor darah yang dilakukan prajurit Kodim 0708/Purworejo. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Prajurit Kodim 0708 Purworejo Donor Darah untuk Stok PMI selama Ramadan Hingga Lebaran

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Untuk memenuhi kebutuhan darah di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Palang Merah Indonesia (PMI) Purworejo menggandeng Kodim 0708/Purworejo menggelar bakti sosial donor darah di Aula Jendral Sudirman, Makodim setempat, Selasa malam.(27/04/2021). Kegiatan di ikuti oleh 116 prajurit Kodim dan perwakilan anggota Koramil.

Kegiatan donor darah yang di lakukan oleh prajurit Kodim 0708/Purworejo di saat bulan suci  Ramadan ini tidak menggangu peserta dalam menjalankan ibadah puasa. Karena kegiatan ini dilaksanakan  setelah berbuka puasa, bahkan pada saat sholat tarawih pun kegiatan pengambilan darah di hentikan sementara untuk memberi kesempatan anggota menjalankan ibadah sholat.

Komandan Kodim 0708/Purworejo, Letkol Infanteri Lukman Hakim, menjelaskan kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh Kodim 0708/Purworejo untuk memenuhi kebutuhan stok darah selama bulan suci Ramadan serta untuk persediaan hingga Lebaran 2021.

“Menjalankan ibadah puasa Ramadan bukan halangan untuk kita melakukan donor darah. Hanya saja waktunya dilaksanakan setelah berbuka puasa atau pun bakda sholat Tarawih,” terangnya.

Menurut Dandim, donor darah ini merupakan wujud rasa kemanusiaan anggota Kodim terhadap sesama. Kegiatan ini sangat mulia karena setetes darah yang diberikan akan menyelamatkan hidup orang lain. Selain itu, manfaatnya di rasakan untuk pendonor sendiri.

“Manfaat bagi pendonor bisa mengurangi risiko tekanan penyakit jantung, menurunkan kadar zat besi dalam darah dan mengganti sel darah yang baru,” imbuhnya.

Sementara itu Indriyati selaku sekertaris PMI Purworejo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0708/Purworejo, terutama peserta donor yang telah dengan ikhlas mendonorkan darahnya melalui PMI. Untuk saat ini, target pendonor dalam setiap bulannya sebanyak 900, tetapi hingga hari ini baru mencapai 700 kantong. Dengan adanya baksos dari Kodim ini sangat membantu stok darah di PMI.

“Semoga dengan dukungan dari Kodim 0708 Purworejo untuk persediaan stok darah di PMI Purworejo hingga lebaran nanti persediannya aman,” pungkasnya. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini