ponpes-al-hikmah-menyediakan-asrama-mahasiswa-gratis-di-warungbotoPonpes Al Hikmah Cabang ke-6 di Jalan Prof Dr Soepomo Gang Lucida Dalam nomor 5 RT 27 RW 07 Warungboto Umbulharjo Yogyakarta, diresmikan Minggu (25/9/2022). (sutaryono/koranbernas.id)


Sutaryono
Ponpes Al Hikmah Menyediakan Asrama Mahasiswa Gratis di Warungboto

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikmah yang berpusat di Karangmojo Gunungkidul, kini membuka cabang baru di kawasan Warungboto, Umbulharjo Kota Yogyakarta. Ponpes cabang yang ke-6 ini diperuntukkan bagi anak kuliah atau remaja selepas SMA, dengan fasilitas asrama gratis.


Menurut Ketua Yayasan Pesantren Al Hikmah Karangmojo, Prof Dr Muhammad Chirzin di sela peresmian Ponpes Al Hikmah Cabang ke-6 di Jalan Prof Dr Soepomo Gang Lucida Dalam nomor 5 RT 27 RW 07 Warungboto Umbulharjo Yogyakarta, Minggu (25/9/2022) menyatakan, semangatnya meningkatkan pendidikan umat Islam, salah satu modelnya pondok pesantren ini.


Ditambahkan, konsep pembelajarannya, pagi dan siang mereka kuliah di kampus masing-masing, sedang malam harinya mengikuti acara pengajian di asrama yang telah disediakan gratis atau membayar semampunya ini. “Jadi mereka ini, kuliah sambil mengaji. Bekal yang dimiliki bukan hanya ilmu di bangku kuliah, tetapi juga iman dan taqwa, untuk menjadi generasi yang berkualitas secara sempurna," tambahnya.

Salah satu ustad yang juga pengelola Ponpes Al Hikmah Warungboto, Karmin menambahkan, untuk sementara ini tersedia 30 kamar, dan nantinya akan bertambah. Sementara ini pihak Al Hikmah hanya menerima lulusan SMA sederajat dan mahasiswa laki-laki. "Ke depan tidak menutup kemungkinan ada asrama khusus perempuan, karena itu memang diperlukan," ucapnya.


Menurutnya, asrama Al Hikmah ke-6 di Warungboto ini membuka pintu selebar-lebarnya kepada calon penghuni asrama. Bagi yang berminat bisa langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pendaftaran. Pihaknya berharap program ini memberi manfaat kepada masyarakat luas.

Terpisah, salah satu tokoh warga setempat, Suyadi mengaku mendukung berdirinya ponpes ini. “Kalau kost di daerah ini paling tidak Rp 500.000 per-bulan. Tetapi ponpes ini justru menggratiskan, bahkan dapat tambahan ilmu agama yang cukup. Ini sangat membantu sekali,” tuturnya.

Kanit Binmas Polsek Umbulharjo, Iptu Maslani yang ikut hadir dalam acara ini juga mengapresiasi munculnya program asrama gratis inisiatif ponpes. Bahkan program ini juga memudahkan pihaknya untuk melakukan pembinaan dan pemantauan terhadap aktivitas warga pendatang.

Sedang pimpinan Ponpes Al Hikmah Karangmojo, Gunungkidul, KH. Harun Al Rasyid mengakui bahwa landasan ilmu agama sangat diperlukan di tengah kehidupan sosial masyarakat yang terus berkembang pesat ini. Untuk itulah, dalam waktu dekat ini juga akan diresmikan pesantren Al Hikmah VII untuk calon pengusaha di wilayah Ploso, Sumberwungu, Tepus, Gunungkidul. (*)

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini