Pencak Malioboro Festival 2023 Digelar di Taman Pintar

Tema tahun ini Beragam Tidak Harus Seragam, Tetap Bersatu dalam Perbedaan.

Pencak Malioboro Festival 2023 Digelar di Taman Pintar
Penyelenggaraan PMF tahun sebelumnya, penuh muatan budaya. (istimewa/tangtungan project)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Pesta akbar ajang berkumpulnya para pesilat terbesar, Pencak Malioboro Festival (PMF) 7, 2023, kembali digelar pada 10 - 11 November 2023. Rangkaian acara budaya kali ini dipusatkan di Taman Pintar Yogyakarta.

Yossy Poediono, Antok Sugiarto dan Arief Baskoro selaku Panitia PMF saat konferensi pers di Poed's Coffe Shop Jalan C Simanjuntak 48 Terban Yogyakarta, Rabu (8/11/2023) petang, menyampaikan event ini merupakan wujud komitmen dari Tangtungan Indonesia serta Paseduluran Angkringan Silat terhadap pelestarian budaya.

“Untuk ketujuh kalinya pesta silat berkelas internasional ini digelar di Yogyakarta. Sebuah acara besar yang diharapkan dapat membangkitkan kembali, melestarikan dan mempopulerkan pencak silat sebagai warisan budaya bangsa Indonesia yang luar biasa,” kata Antok Sugiarto.

Dia menjelaskan, dipilih lokasi Taman Pintar -- tahun-tahun sebelumnya dipusatkan di Monumen SO 1 Maret – sangat tepat sekaligus sebagai upaya mengenalkan leindahan seni budaya pencak silat kepada anak-anak.

Dari kiri, Antok Sugiarto, Arief Baskoro dan Yossy Poediono saat konferensi pers PMF 7, 2023. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Disebutkan, dukungan penuh datang dari berbagai pihak yaitu Wakil Gubernur DIY Paku Alam X, Dinas Kebudayaan DIY melalui Dana Keistimewaan, Direktorat Perfilman, Musik dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek serta Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Penyelenggaraan Pencak Malioboro Festival 7 2023 ini adalah awal kebangkitan kembali kami setelah vakum tidak ada kegiatan selama tiga tahun akibat pandemi,” kata Antok.

Yang berbeda dari Pencak Malioboro Festival 7 2023 ini adalah, lanjut dia, tahun ini Lomba Koreografi Pencak Silat diadakan langsung dua kategori yaitu umum dan anak.

“Kategori Umum memperebutkan Piala Sri Sultan Hamengku Buwono X dan kategori anak memperebutkan piala Sri Paduka KGPAA Paku Alam X,” tambahnya.

Yang juga berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, Antok maupun Yossy Poediono menyampaikan pada Pencak Malioboro Festival 7, 2023 ini kirab pencak silat ditiadakan.

Salah satu atraksi PMF tahun sebelumnya. (istimewa/tangtungan project)

“Hal ini terpaksa diambil dengan pertimbangan untuk mengurangi residu dari perkembangan yang terjadi di komunitas pencak silat belakangan serta dikarenakan sudah memasuki masa Pemilu,” kata Antok.

Yossy menegaskan, ditiadakannya kirab itu merupakan arahan dan saran langsung dari Paku Alam X maupun dari para sesepuh. Sikap para sesepuh sangat tegas, event tersebut murni budaya dan tidak boleh ada unsur politiknya.

Itu sebabnya tema PMF tahun ini adalah Beragam Tidak Harus Seragam, Tetap Bersatu Dalam Perbedaan.

“Kami bertekat merangkul semua elemen pencak silat tradisional, baik itu aliran, perguruan maupun pemerhati agar dapat bersama, bersatu dalam satu tujuan melestarikan pusaka kearifan budaya warisan nenek moyang Nusantara ini serta mendudukkan kembali pencak silat tradisional sebagai tuan rumah di negeri sendiri,” sambung Antok.

Dalam kesempatan itu Arief Baskoro menyampaikan rangkaian Acara Pencak Malioboro Festival 7, 2023:

10 - 11 November 2023: Lomba Koreografi Pencak,  bertujuan agar para praktisi Pencak Silat dapat terus mengasah kreativitas dan terus berinovasi dalam mengemas Pencak Silat menjadi sebuah pertunjukan yang menarik bagi masyarakat umum.

Venue: Taman Pintar, Malioboro - Yogyakarta.

Peserta: Berbagai Perguruan Pencak Silat dari berbagai daerah di Nusantara serta dari Mancanegara

10 - 11 November 2023: Bazaar. Adalah tanggung jawab kami untuk juga mengedukasikan kegiatan peningkatan ekonomi kepada para teman - teman praktisi pencak silat, agar kehidupan mereka dapat menjadi lebih baik lagi sehingga pencak silat tidak ikut terpuruk.

Venue: Taman Pintar, Malioboro  Yogyakarta.

Peserta: Berbagai perguruan dari berbagai daerah.

10 - 11 November 2023: Workshop Pencak Silat. Pencak Malioboro Festival 7, 2023 mempersembahkan workshop Pencak Silat dari berbagai aliran dan perguruan di Tanah Air.

Workshop ini diadakan setiap jam selama dua hari dari siang hingga malam hari sehingga masyarakat dapat mengenal dan merasakan lebih jauh apa itu Pencak Silat

Venue: Taman Pintar, Malioboro - Yogyakarta

Peserta: Masyarakat Umum dan Pecinta Pencak Silat

10 - 11 November 2023: Lomba Videografi Pencak Silat. Bertujuan agar Pencak Silat dapat lebih dikenal dan dipromosikan dengan lebih baik dan menarik.

Venue: Taman Pintar, Malioboro - Yogyakarta

Peserta : Para pecinta videografi dan masyarakat umum.

11 November 2023: Lomba Mewarnai Anak. Bertujuan untuk memperkenalkan pencak silat sejak usia dini, agar anak-anak bisa lebih mengenal budaya warisan mereka.

Venue: Taman Pintar, Malioboro - Yogyakarta

Peserta: Siswa siswi TK dan SD kelas 1 – 3

11 November 2023: Panggung Gebyar Pencak Silat. Sebuah panggung yang bertujuan untuk memperlihatkan keunikan serta keindahan Pencak Silat dengan menarik

Venue: Taman Pintar, Malioboro – Yogyakarta

Peserta: Para Pesilat dari berbagai perguruan di berbagai daerah serta mancanegara.

10 - 11 November 2023: Kaulan Pencak. Bertujuan agar masyarakat dapat melihat lebih dekat keberagaman pencak silat.

Venue: Titik Nol Malioboro

Peserta: Para Pecinta dan Praktisi Pencak Silat dari berbagai daerah dan mancanegara

12 November 2023: Sambung Rasa Bersama Yang Mulia Sri Paduka KGPAA Paku Alam X. Acara ini adalah ajang silaturahmi, berdiskusi serta memohon petunjuk mengenai dinamika perkembangan Pencak Silat Tradisional sebagai kearifan warisan budaya di tingkat nasional maupun internasional

Venue: Kantor Gubernur DIY, Kepatihan

Peserta: Perwakilan perguruan dan praktisi Pencak Silat. (*)