pemkab-sosialisasikan-alat-peraga-keluarga-sadar-genderPemkab Sleman sosialisasikan simulasi keluarga sadar gender, Senin (10/2/2020) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. (istimewa)


bid-jalasutra

Pemkab Sosialisasikan Alat Peraga Keluarga Sadar Gender

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Dalam rangka memberikan pemahaman kesadaran gender dalam keluarga, Dinas P3AP2KB bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman menyelenggarakan Sosialisasi Simulasi Keluarga Sadar Gender, Senin (10/2/2020), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. Sosialisasi dikemas dengan simulasi menggunakan alat peraga dan diikuti oleh 17 desa perwakilan masing-masing kecamatan di Kabupaten Sleman.
 

Kepala Dinas P3AP2KB, Mafilindati Nuraini, mengatakan saat ini banyak masyarakat yang sudah mengetahui gender namun belum memahami secara mendalam. Upaya Sosialisasi dengan metode simulasi menggunakan alat peraga ini, dibuat guna memberikan pemahaman yang mudah kepada masyarakat.
 


Baca Lainnya :

Mafilindati menjelaskan, kesetaraan gender adalah suatu proses dan perlakuan adil terhadap perempuan dan laki-laki. Dengan keadilan gender berarti tidak ada pembakuan peran, beban ganda, subordinasi, marginalisasi dan kekerasan terhadap perempuan dan laki-laki.
 

Menurutnya, kesetaraan dan keadilan gander sangatlah penting karena memberikan hak dan kewajiban yang sama bagi anak laki – laki dan perempuan berperan di keluarga, lingkungan pendidikan, dan masyarakat.
 


Baca Lainnya :

Semenjak disosialisasikannya Simulasi Keluarga Sadar gender pada tahun 2018, Indeks Pembangunan Gender tahun 2018 di Kabupaten Sleman meningkat sebesar 96,3. Selain itu, Pemkab Sleman juga mendapat penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) katagori mentor 2018 dari Kementerian Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA).
Ia masih berharap kedepannya di Kabupaten Sleman akan menjamur terbentuknya keluarga dengan ketahanan gerder, sehingga dengan modal sadar gender, masyarakat Kabupaten Sleman siap mengawal pembangunan yang responsif gender di Kabupaten Sleman. (eru)


TAGS:

SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini