Pemkab Kebumen Raih Predikat Pelayanan Publik Prima dari KemenPAN - RB
Penghargaan itu merupakan kado akhir tahun untuk masyarakat Kebumen.
KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen meraih predikat kabupaten dengan Pelayanan Publik Prima tahun 2024, bersama dengan 19 Pemkab dan Pemkot. Penghargaan diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN - RB).
Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen Edi Rianto, mengatakan, penghargaan itu wujud komitmen Pemkab Kebumen terus berupaya memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.
"Kami bersyukur Pemkab Kebumen meraih predikat pelayanan publik prima pada evaluasi pelayanan publik 2024 dari KemenPAN-RB," kata Edi Rianto, Kamis (2/1/2025).
Pengumuman disampaikan KemenPAN-RB melalui akun resmi youtube, Selasa 31 Desember 2024. Indeks Pelayanan Publik (IPP) Pemkab Kebumen diketahui mendapat nilai 4,59 (skala 5,00) dengan kategori Prima (A).
Apresiasi
Penghargaan itu merupakan kado akhir tahun untuk masyarakat Kebumen yang patut diberikan apresiasi.
Edi Rianto menjelaskan, ada tiga organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi lokus penilaian tahun ini, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial, Perlindungan Ibu dan Anak, serta Rumah Sakit Dr Soedirman Kebumen.
Disebutkan, evaluasi pelayanan publik merupakan skema pengukuran kualitas pelayanan publik melalui tata kelola yang berdampak pada aspek kebijakan Standar Pelayanan Publik, Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik, Transformasi Digital Pelayanan Publik, dan Inovasi Pelayanan Publik
Berbagai kebijakan berkaitan satu sama lain dan menjadi bagian yang diukur dalam instrumen penilaian. Melalui pemenuhan berbagai aspek ini diharapkan terwujudnya pelayanan publik yang sesuai dengan ekspektasi masyarakat.
Kualitas pelayanan
Edi mengajak seluruh jajaran Pemkab Kebumen terus meningkatkan kualitas pelayanan publik antara lain melalui pembangunan inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pelayanan.
“Saya menyambut gembira dan bangga atas diraihnya prestasi ini, hal ini merupakan bukti kerja keras, kerja bersama dan komitmen dari OPD terkait untuk senantiasa memberikan pelayanan publik yang baik/prima kepada masyarakat," kata Sekda.
Hasil yang diraih ini harus dapat dipertahankan dan ditingkatkan terus di masa mendatang. Keberhasilan ini menjadi motivasi dan contoh bagi seluruh OPD lingkup Pemkab Kebumen dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
“Saya berharap pelayanan publik yang baik dan prima ini harus dilakukan oleh semua OPD tidak terbatas hanya pada perangkat daerah yang jadi objek penilaian," katanya seraya menambahkan pemberian pelayanan terbaik Prima kepada masyarakat merupakan suatu kewajiban. (*)